Beranda » Blog » Tips Belajar Efektif untuk Siswa dan Mahasiswa

Tips Belajar Efektif untuk Siswa dan Mahasiswa

Tips Belajar Efektif untuk Siswa dan Mahasiswa

Halo gaes, kita sharing lagi yuk. Kali ini kita bahas tips belajar efektif untuk siswa dan mahasiswa.

Kalian pasti pernah dilanda bosan, kurang semangat dan penghalang-penghalang lainnya yang ganggu kegiatan belajar kalian kan? Biasanya apa yang kalian lakukan untuk ngatasin masalah itu? Di sini kami rangkum beberapa poin penting tentang tips belajar efektif. Yuk disimak baik-baik!

1. Cari Ridho Allah dan Orangtua

Cari Ridho Allah dan Orangtua

Pihak yang paling berhak dan bisa kita minta tolong segala macam adalah Allah dan orangtua. Selalu minta doa sama orangtua ketika mau berangkat sekolah atau kuliah, supaya materi yang disampaikan guru atau dosen di kelas bisa diserap dengan baik.

2. Hindari Maksiat

Hindari Maksiat

Emang apa hubungannya? Ada. Ilmu itu cahaya, maksiat itu kegelapan. Keduanya gak bisa bercampur. Allah Yang Maha Pemberi Ilmu gak akan ridho ngasih ilmu ke kita kalau kitanya aja durhaka. Inget juga poin pertama di atas, gaes.

3. Buat Target

tips belajar efektif - Buat Target

Target berguna untuk jadi pemicu dan motivasi untuk kita belajar. Selain itu, dengan adanya target, kegiatan belajar akan lebih terarah. Target kamu apa? masuk sekolah unggulan? PTN favorit? atau lulus kuliah dengan IPK 4.0? Pasang itu semua di tekad, tulis di halaman depan buku catatan pelajaran, dan kalau perlu tempel poster di kamar.

Baca juga: Jurusan dengan Peluang Kerja Besar menurut Data Website Pencari Kerja

4. Duduk di Depan Ketika Belajar di Kelas

Duduk di Depan Ketika Belajar di Kelas

Kebiasaan orang pada umumnya, kalo nonton hiburan maunya paling depan, tapi giliran belajar di kelas maunya duduk di belakang. Gaes, coba inget-inget lagi, kalian semua punya hak yang sama untuk nerima pelajaran dengan baik dari guru dan dosen kan? Kira-kira untuk bisa menyerap materi dengan baik posisi duduk paling strategis di mana? Yup, jelas di depan. Bersyukurlah kalian kalau penataan kelasnya melingkar dengan guru atau dosen berdiri di tengah, karena pada manajemen kelas yang seperti ini tidak ada bagian belakang.

5. Fokus Nyimak Materi

Fokus Nyimak Materi

Ini mah semua orang juga tau.” Ya, semua orang tau, tapi enggak semua orang mau dan mampu ngelakuinnya. Terkadang kita tergoda pengen ngobrol, bercanda, main game atau mungkin tidur di kelas saat pelajaran berlangsung. Inget, tujuan kita ada di kelas itu belajar untuk dapet ilmu yang bermanfaat. Sabar dan nikmati pelajarannya 1-2 jam, baru setelah selesai kan bisa ngobrol, bercanda dan main game lagi.

6. Buat Mind Map

tips belajar efektif - Buat Mind Map

Di bab yang mau kamu pelajari, buat mind mapnya. Kita harus tau dan paham bab itu mempelajari apa, sub-subnya apa aja. Tujuannya supaya lebih gampang dipahami dan diserap di otak ketika udah berjalan materinya. Pelajaran yang sifatnya pemahaman, hapalan, analisis, semuanya harus dimulai dengan melihat mind map.

7. Perbanyak Kosakata

Perbanyak Kosakata

Dalam bidang keilmuan sangat banyak kita temukan istilah-istilah asing yang berasal dari berbagai bahasa. Bahasa Arab, Inggris, Yunani, dan Latin termasuk yang paling banyak dipakai. Ketika kita mengetahui morfologi (asal kata) sebuah istilah, maka akan lebih mudah bagi kita untuk memahami apa yang dimaksud pada istilah tersebut. Misal: kata lithosfer (lapisan batuan) kita temukan dalam Geografi, megalithikum (zaman batu besar), keduanya memiliki kata dasar lith/lithos, Bahasa Yunani yang berarti batu.

8. Selalu Mencatat

Selalu Mencatat

Ikatlah ilmu dengan tulisan. Mencatat akan menambah kuat daya ingat pelajaran di dalam memori otak kita. Ketika mencatat kita akan mengulang kata per kata yang disampaikan guru atau dosen. Suatu saat ketika kamu membuka catatan itu lagi dan membandingkannya dengan buku cetak, bisa jadi kamu lebih mengapresiasi catatanmu sendiri daripada buku yang dibuat oleh penerbit. Itu terjadi karena mencatat dengan tulisan tangan sendiri lebih bernilai dan lebih terasa perjuangannya dalam mencari ilmu.

9. Perbanyak Latihan Soal

Perbanyak Latihan Soal

Kalau yang jadi target kamu adalah lulus UN maka perbanyak koleksi soal-soal UN asli dari tahun-tahun sebelumnya. Begitu juga kalau targetmu adalah PTN favorit, download soal-soal yang beredar di internet yang selalu diupdate setiap tahunnya. Persiapan ujian paling baik adalah dengan latihan soal dengan materi dan format yang sama.
Dengan kamu ngoleksi soal-soal ujian asli, kamu juga akan punya gambaran tentang materi dan soal apa yang sering banget keluar. Jadi intuisi dalam ngerjain soal makin terasah dan bisa memprediksi materi dan soal apa yang akan diujikan nantinya.

10. Ikut Tryout Gratis

Ikut Tryout Gratis

Saat ini banyak banget bimbel yang mengadakan tryout gratis. Ikuti sebanyak-banyaknya, gaes. Semakin sering ikut tryout, maka kamu akan semakin siap untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Untuk tryout Ujian Nasional, biasanya panitia membuat soal yang lebih susah dibandingkan soal asli pada ujian sebenarnya. Maka, kalau kamu bisa dapet nilai memuaskan di tryout, kemungkinan besar di ujiannya juga begitu nantinya.

11. Buat Geng Belajar

Buat Geng Belajar

Seseorang itu tergantung temannya. Kalau teman kita semuanya orang-orang yang tukang main, gak pernah fokus di pelajaran, nah udah saatnya nambah teman dari yang motivasi belajarnya kuat. Semangat itu kan naik-turun, coba bayangin kalo kamu lagi semangat buat belajar, eh diajak main atau nongkrong sama temen. Batal deh belajarnya. Atau lebih parah lagi, kalo kamu lagi males buat buka buku, yaa makin larut sama kesenangan sesaat kalo kamu ladenin temen yang selalu ngajak main. Bikin geng dengan anak-anak yang rajin, saling support dan berkompetisi di pelajaran, itu bakal bikin kamu lebih semangat dan enjoy buat belajar.

12. Atur Prioritas Waktu

Atur Prioritas Waktu

Biasakan membuat to-do list. Catat hal-hal yang mau kamu kerjain hari ini, besok, dan beberapa hari ke depan. Buat urutan dari yang paling penting ke yang kurang penting. Kasih porsi untuk belajar jauh lebih banyak daripada hiburan dan main. Semua orang sukses pasti ngelakuin hal ini. Percaya deh.

13. Ukur Progres Pencapaian

Ukur Progres Pencapaian

Ini penting banget. Kita harus tau materi apa yang kita udah kuasai dan bagian mana yang masih dirasa sulit. Dengan selalu mencatat hasil pencapaian ketika ngerjain latihan soal ataupun tryout kita jadi tau sudah sejauh mana pencapaian kita. Dan ini berhubungan banget dengan target.

14. Ikut Bimbel

Ikut Bimbel

Tips belajar efektif berikutnya adalah ikut bimbel. Ikut bimbel memang gak wajib, tapi akan ngebantu banget kalau kamu jalani dengan serius dan tekun. Faktanya mayoritas mahasiswa PTN ikut bimbel ketika mereka masih sekolah. Kita gak bisa pungkiri bahwa kegiatan belajar dan mengajar di sekolah terkadang kurang efektif. Jumlah siswa per kelas yang sangat banyak, ditambah lagi guru yang mengajar dari pagi sampai sore mungkin staminanya menurun sehingga tidak bisa maksimal menyampaikan materi.

15. Gali Potensi Diri

Gali Potensi Diri

Belajar akan menyenangkan ketika yang dipelajari adalah passion kita. Kamu harus gali potensi, minat dan bakatmu sehingga bisa mengembangkan diri baik dengan kegiatan akademis ataupun nonakademis. Ini juga akan ngebantu kamu yang sekarang SMA dan akan masuk ke perguruan tinggi. Milih jurusan gak akan bingung lagi ketika kita udah tau potensi, minat, dan bakat kita.

16. Ajarkan Teman

Ajarkan Teman

Ketika kamu sudah mengerti di beberapa bagian materi atau bab tertentu cobalah untuk mengajarkan teman-temanmu. Ini satu level lebih tinggi dari mencatat. Ketika kita sudah belajar melalui media audio (mendengarkan), visual (melihat), mencatat, kemudian mengerti dan mengajarkannya pada orang lain maka ilmu tersebut akan melekat kuat di ingatan kita. Ini adalah metode terbaik dalam belajar. Kamu pun akan merasakan kesenangan tersendiri ketika dapat menjelaskan dan mengajarkan materi pada teman-temanmu.

17. Sering Mengulang Pelajaran

Sering Mengulang Pelajaran

Pengulangan dalam pelajaran adalah hal yang sangat baik. Dengan mengulang pelajaran maka bagian-bagian kecil puzzle yang sempat terlepas dari ingatan akan kembali utuh. Dengan sering mengulang materi maka pemahaman kita akan semakin mantap. Konsistensi adalah kunci. Bukankah batu yang besar bisa juga pecah hanya dengan tetesan air? Tentu saja tetesan air yang konsisten dan terus menerus.

18. Pantang Menyerah

Pantang Menyerah

Dalam proses menuju sukses pasti ada batu sandungan dan rintangan-rintangan yang kita alami. Mungkin saja nilai ulangan atau tryoutmu hari ini hanya 27,5, tetapi itu bukan akhir dari segalanya. Teruskan perjuangan, maksimalkan doa dan usaha, buat 27,5 itu berbalik menjadi 72,5 atau yang lebih baik.

Tau Kolonel Sanders? Kakek-kakek di logo restoran cepat saji KFC. Ia adalah pendiri KFC dan pernah ditolak di lebih dari 1000 restoran ketika menawarkan resep ayam goreng buatannya. Usaha dan kesuksesan itu seperti iceberg (bongkahan besar es yang mengambang di lautan).
iceberg

sumber: pixabay.com

Bagian dari bongkahan es ini yang terlihat di permukaan hanyalah sebagian kecilnya saja, ini adalah perumpamaan untuk kesuksesan seseorang yang terlihat. Sedangkan bagian bawahnya yang terendam air adalah bagian yang jauh lebih besar, dan ini perumpamaan usaha serta jatuh bangun seseorang sebelum mencapai kesuksesannya.

19. Jaga Hati Tetap Rendah

Jaga Hati Tetap Rendah

Rendah hati, bukan rendah diri. Sikap ini sangat harus dimiliki oleh setiap penuntut ilmu. Jadikan diri kita seperti gelas kosong ketika sedang belajar, sehingga ilmu yang dituangkan mudah masuk. Ilmu akan susah masuk jika kita merasa diri sudah terisi. Tabiat ini memang perlu waktu untuk dikuasai, tapi bukan mustahil. Seperti padi, makin berisi, makin merunduk. Lihatlah banyak sosok profesor dan guru besar di berbagai bidang, bukankah mereka adalah orang-orang dengan pembawaan yang tenang, tidak meninggi walaupun secara intelejensi mereka mungkin paling tinggi.

So, itulah beberapa tips belajar efektif ala Ximple Education. Menurutmu gimana gaes? Ada yang kamu banget gak? atau ada yang perlu ditambahin? Tulis aja di kolom komentar.

Bimbel Online Terbaik

Mau tau rahasia lolos UTBK?
Buku Susu Macan!