Beranda » Blog » Soal SNMPTN Sosiologi 2012 dan Pembahasannya

Soal SNMPTN Sosiologi 2012 dan Pembahasannya

Soal SNMPTN Sosiologi 2012 dan Pembahasannya

Halo, pejuang PTN! Buat kalian yang ambil Soshum, baik yang asli IPS ataupun lintas jurusan dari IPA, yuk belajar dengan latihan soal Sosiologi! Kali ini kita punya materi Soal SNMPTN Sosiologi 2012 dan Pembahasannya.

Yuk, langsung aja cekidot!


1. Topik: Pengantar Sosiologi

Teori sosiologi yang selalu mengalami perubahan dan penyempurnaan menunjukan bahwa sebagai ilmu, sosiologi bersifat ….
(A) statis
(B) empiris
(C) teoritis
(D) non-etis
(E) kumulatif

Jawaban
Sosiologi sebagai ilmu, memiliki empat ciri:

  1. Empiris: Sosiologi adalah ilmu yang berdasarkan data, fakta, pengalaman, dan pengamatan. Bukan hasil dari spekulasi.
  2. Teoritis: Sosiologi dituliskan dalam abstraksi atau tulisan.
  3. Non-etis: Sosiologi tidak melihat baik atau buruknya fakta.
  4. Kumulatif: Teori dalam Sosiologi selalu disempurnakan, teori baru datang tidak menghapus teori lama, namun melengkapi.

Jawaban: (E) kumulatif

2. Topik: Pengantar Sosiologi

Cara pandang sosiologi dalam melihat permasalahan prostitusi yang tidak mendasarkan pada baik-buruknya namun dengan menjelaskan fakta secara analitis disebut ….
(A) empiris
(B) teoritis
(C) kumulatif
(D) non-etis
(E) sosialis

Jawaban
Seperti yang telah dibahas di nomor sebelumnya bahwa Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki empat ciri. Salah satunya adalah non-etis, yaitu Sosiologi dalam mempelajari fenomena apapun tidak melihat berdasarkan baik atau buruknya, namun hanya menjelaskan secara objektif dan analitis.

Jawaban: (D) non-etis

Baca penjelasan dan latihan soal yang lebih lengkap dari materi Pengantar Sosiologi ini di: Sosiologi Kelas 10: Fungsi Sosiologi dalam Mengenali Gejala Sosial

3. Topik: Kelompok Sosial

Sebutan untuk pedesaan dengan ciri ketradisionalannya, hubungan antarwarga yang akrab, mendalam, dan saling mengenal menurut Ferdinand Tonnies adalah ….
(A) kelompok primer
(B) kelompok sekunder
(C) gemeinschaft
(D) gesselschaft
(E) kelompok acuan

Jawaban
Ferdinand Tonnies membagi kelompok sosial menjadi dua, yaitu:

  1. Paguyuban (gemeinschaft): kelompok yang terbentuk atas dasar kesamaan, hubungannya bersifat akrab, berlangsung lama atau kekal, dan tidak ada pembagian kerja atau tugas di dalamnya.
  2. Patembayan (gesellschaft): kelompok yang terbentuk atas dasar perbedaan sehingga antaranggota kelompok saling membutuhkan secara fungsional, hubungannya bersifat formal dan tidak akrab, berlangsung sementara atau kontraktual, dan ada pembagian tugas atau kerja yang jelas.

Jawaban: (C) gemeinschaft

4. Topik: Struktur Sosial

Penggolongan penduduk atas dasar perbedaan ras, agama, jenis kelamin, profesi, suku bangsa, dan sebagainya merupakan konsep dari ….
(A) stratifikasi sosial
(B) kelas sosial
(C) tingkatan sosial
(D) diferensiasi sosial
(E) mobilitas sosial

Jawaban
Dalam struktur sosial di masyarakat ada perbedaan bersifat horizontal seperti perbedaan ras, agama, jenis kelamin, profesi, dan suku bangsa yang disebut diferensiasi sosial. Ada pula perbedaan yang bersifat vertikal seperti tingkat pendidikan, ekonomi, pangkat, dan jabatan yang disebut stratifikasi sosial.

Jawaban: (D) diferensiasi sosial

5. Topik: Lembaga Sosial

Berikut ini adalah unsur-unsur lembaga sosial yang berfungsi untuk membedakan satu lembaga sosial dengan lembaga sosial lainnya kecuali ….
(A) kemampuan beradaptasi dengan lingkungan masyarakat
(B) simbol-simbol sosial yang memiliki makna tertentu
(C) tata tertib yang bertujuan untuk mengatur keperluan bersama
(D) ideologi yang menuntun sikap dan perilaku para anggotanya
(E) alat-alat kelengkapan dalam memenuhi kebutuhan anggotanya

Jawaban
Beberapa unsur atau ciri dari sebuah lembaga sosial:

  • Memiliki simbol-simbol sosial yang memiliki makna tertentu. Simbol ini dapat berupa lambang, logo, bendera, warna, ataupun unsur-unsur budaya seperti bahasa, kesenian, dan sebagainya.
  • Adanya tata tertib yang bertujuan untuk mengatur keperluan bersama. Tata tertib ini dapat bersifat formal (tertulis) ataupun nonformal (tidak tertulis). Isinya adalah perintah dan larangan untuk menciptakan keteraturan dan keharmonisan.
  • Mempunyai ideologi yang menuntun sikap dan perilaku para anggotanya. Ideologi atau dasar pemikiran ini dapat berkaitan dengan ideologi politik atau kebangsaan, keyakinan, dan sebagainya.
  • Terdapat atribut atau alat-alat kelengkapan dalam memenuhi kebutuhan anggotanya.

Maka dari lima pilihan jawaban yang terdapat pada soal, yang tidak termasuk unsur atau ciri lembaga sosial adalah (A) kemampuan beradaptasi dengan lingkungan masyarakat. Karena kemampuan beradaptasi dengan lingkungan masyarakat harus dimiliki oleh setiap orang dan setiap kelompok, agar dapat menjaga keharmonisan antaranggota masyarakat.

Jawaban: (A) kemampuan beradaptasi dengan lingkungan masyarakat

Soal SNMPTN Sosiologi 2012 dan Pembahasannya A

Soal SNMPTN Sosiologi 2012 dan Pembahasannya

6. Topik: Sosialisasi

Sosialisasi anak dalam keluarga inti dilakukan dengan melibatkan ayah, ibu, dan saudara kandung yang berperan sebagai agen.

SEBAB

Sosialisasi primer adalah sosialisasi yang pertama diterima oleh individu untuk menjadi anggota masyarakat.

Jawaban
Pernyataan benar. Keluarga inti adalah keluarga yang terdiri dari anggota-anggota utama pada sebuah rumah tangga, yaitu: ayah, ibu, kakak, dan adik. Sosialisasi anak dalam keluarga inti melibatkan semua pihak yang berada di dalamnya.

Kalimat sebab benar. Sosialisasi primer adalah sosialisasi yang pertama dan paling utama yang diterima oleh setiap individu untuk menjadi anggota masyarakat. Sosialisasi ini terjadi pada keluarga.

Jawaban: (A) kedua kalimat benar dan berhubungan sebab akibat

7. Topik: Penyimpangan Sosial

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kota-kota besar terus meningkat dari waktu ke waktu.

SEBAB

Penggunaan narkotika bukan merupakan bentuk perilaku menyimpang yang lebih besar bersifat adaptif dengan perkembangan keadaan.

Jawaban
Pernyataan benar. Sangat sering kita lihat atau dengar di berita tentang penyalahgunaan narkoba. Ini salah satu pertanda bahwa hal tersebut mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Kalimat sebab salah. Penggunaan narkotika adalah penyimpangan yang sangat mudah ditularkan pada orang lain. Orang-orang yang memiliki banyak masalah dalam hidupnya dan orang-orang yang salah pergaulan banyak yang terjerat dengan masalah ini. Hal ini bersifat adaptif dengan perkembangan keadaan.

Jawaban: (C) pernyataan benar, tetapi kalimat sebab salah

8. Topik: Konflik Sosial

Musuh yang berasal dari luar masyarakat merupakan ancaman yang secara efektif dapat mempersatukan masyarakat yang terpecah belah.

SEBAB

Konflik akan meningkatkan soliditas sebuah kelompok yang mengalami disintegrasi.

Jawaban
Pernyataan benar. Adanya musuh bersama yang berasal dari luar dapat mempersatukan atau menguatkan kembali solidaritas internal kelompok. Kesadaran akan adanya musuh bersama dan pentingnya persatuan dan kesatuan akan dapat mempersatukan masyarakat yang terpecah belah.

Kalimat sebab benar. Konflik yang berasal dari ancaman dari luar kelompok dapat meningkatkan solidaritas sebuah kelompok yang mengalami perpecahan atau disintegrasi.

Jawaban: (A) kedua kalimat benar dan berhubungan sebab akibat

9. Topik: Lembaga Sosial

Fungsi lembaga keagamaan adalah mempersatukan komunitas internal mengenai keyakinan dalam nilai-nilai keagamaan.

SEBAB

Lembaga keagamaan termasuk general institution yang terdapat pada semua masyarakat dunia.

Jawaban
Pernyataan benar. Salah satu fungsi lembaga agama adalah mempersatukan kelompok dalam atau komunitas internal seagama walaupun mereka berbeda-beda suku, ras, status ekonomi, ataupun kewarganegaraan.

Kalimat sebab benar. Lembaga agama termasuk ke dalam kategori general institution. General institution adalah lembaga yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Kebalikan dari general institution adalah restricted institution yang artinya adalah lembaga yang hanya dikenal atau diketahui oleh sebagian kecil masyarakat atau orang-orang tertentu.

Jawaban: (B) kedua kalimat benar, tetapi tidak berhubungan sebab akibat

10. Topik: Modernisasi

Meskipun modernisasi tidak sama dengan westernisasi, kata modernisasi sering dikaitkan dengan perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat.

SEBAB

Perubahan ke arah masyarakat modern tidak harus berperilaku seperti orang barat, yang penting adalah berperilaku dan bersikap rasional, hemat, menghargai waktu, dan bekerja keras, tanpa menghilangkan jati diri sebagai bangsa.

Jawaban
Pernyataan benar. Modernisasi berbeda dengan westernisasi. Modernisasi adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan westernisasi adalah bergesernya budaya suatu kelompok menjadi kebarat-baratan. Walaupun keduanya berbeda, tetapi sama-sama berdampak pada perubahan sosial budaya pada masyarakat.

Kalimat sebab benar. Masyarakat modern ditandai dengan perilaku dan sikapnya yang rasional, menghargai waktu, serta bekerja lebih efektif dan efisien, tanpa harus berperilaku seperti orang barat dan menghilangkan jati diri bangsa.

Jawaban: (A) kedua kalimat benar dan berhubungan sebab akibat

Soal SNMPTN Sosiologi 2012 dan Pembahasannya B

Soal SNMPTN Sosiologi 2012 dan Pembahasannya

11. Topik: Perubahan Sosial

Fenomena dalam masyarakat dapat dikatakan telah mengalami perubahan sosial apabila memenuhi syarat antara lain ….
(1) berbeda dengan yang sebelumnya
(2) berbeda tempat kejadiannya
(3) berbeda dan berpola
(4) berbeda dan tidak berpola

Jawaban
Perubahan sosial merupakan bergantinya suatu keadaan dari kondisi sebelum menjadi kondisi lain setelahnya yang berbeda. Suatu perubahan sosial memiliki pola, tetapi tidak harus berbeda tempat kejadiannya.

Jawaban: (B) 1 dan 3

12. Topik: Interaksi Sosial

Unsur-unsur penentu terjadinya komunikasi sebagai salah satu syarat terjadinya interaksi dalam masyarakat adalah ….
(1) pesan
(2) komunikator
(3) komunikan
(4) umpan balik

Jawaban
Syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya kontak sosial dan komunikasi. Kontak dapat diartikan sebagai sentuhan, walaupun tidak harus terjadi sentuhan secara fisik. Sedangkan komunikasi adalah penyampaian informasi.

Komunikasi memiliki beberapa unsur, yaitu:

  1. pesan: informasi yang disampaikan
  2. komunikator: orang yang membuat atau mengirim pesan
  3. komunikan: orang yang menerima pesan
  4. umpan balik: respon dari komunikan kembali ke komunikator

Jawaban: (E) semua pernyataan benar

13. Topik: Sosialisasi

Sosialisasi formal dan informal yang bertujuan membentuk pertumbuhan pribadi anak sesuai dengan sistem nilai dan norma dalam masyarakat adalah ….
(1) demokratis
(2) represif
(3) otokratis
(4) partisipatoris

Jawaban
Ada dua jenis pola sosialisasi, yaitu:

  • Sosialisasi represif: proses pendidikan atau pembentukan kepribadian anak yang berlangsung satu arah atau otoriter. Maksudnya adalah apa yang diinginkan dan disampaikan orangtua harus didengar dan diperhatikan oleh anak, sedangkan apa yang diinginkan dan menjadi aspirasi anak tidak didengar oleh orangtua. Sosialisasi ini menekankan pada pemberian hukuman ketika sang anak melakukan kesalahan.
  • Sosialisasi partisipatoris: proses pendidikan atau pembentukan kepribadian anak yang berlangsung dua arah. Apa yang diinginkan oleh orangtua diperhatikan oleh sang anak, begitu pula apa yang diinginkan oleh anak diperhatikan oleh orangtua. Selain hukuman ketika berbuat salah, sang anak juga akan mendapatkan apresiasi jika berbuat yang baik dan benar.

Dari kedua jenis pola sosialisasi tersebut yang lebih tepat untuk membentuk kepribadian anak menjadi sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat adalah pola sosialisasi partisipatoris.

Jawaban: (D) hanya pernyataan 4 yang benar

14. Topik: Masyarakat Multikultural

Kondisi yang tepat untuk menghindari konflik antarsuku dan antaridentitas keagamaan adalah ….
(1) perbedaan sosial atas usaha yang dicapai
(2) kebinekaan suku bangsa
(3) kesetaraan unsur budaya
(4) toleransi antarkelompok

Jawaban
Agar keharmonisan dalam masyarakat terjaga dan terhindar dari konflik horizontal seperti konflik antarsuku dan antaragama maka kita perlu menjunjung tinggi hal-hal seperti:

  1. Perbedaan sosial atas usaha yang dicapai, artinya orang yang lebih bekerja keras pantas jika mendapatkan hasil atau kedudukan yang lebih tinggi. Hal ini dapat terjadi dalam hal ekonomi, tingkat pendidikan, pangkat atau jabatan. Ini tidak akan menyebabkan konflik horizontal.
  2. Kebinekaan suku bangsa, artinya kita harus menyadari bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang satu.
  3. Kesetaraan unsur budaya, artinya setiap suku atau budaya adalah sama atau sederajat. Tidak ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah satu dengan yang lain.
  4. Toleransi antarkelompok, artinya menghormati dan menghargai perbedaan.

Jawaban: (E) semua pernyataan benar

15. Topik: Struktur Sosial

Dalam konsep stratifikasi sosial, dasar untuk pembedaan individu ke dalam kelas sosial secara hirarki ….
(1) perbedaan jumlah anak
(2) status sosial
(3) perbedaan etnis
(4) pendidikan

Jawaban
Stratifikasi sosial adalah perbedaan yang bersifat vertikal. Perbedaan ini menimbulkan hirarki atau penjenjangan di masyarakat. Di antara perbedaan yang menyebabkan stratifikasi sosial adalah status sosial, tingkat pendidikan, pangkat, dan jabatan.

Perbedaan jumlah anak dan perbedaan etnis tidak berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya kedudukan seseorang.

Jawaban: (C) 2 dan 4