SIMAK UI Sosiologi 2018 Kode 852

SIMAK UI Sosiologi 2018 Kode 852

Gunakan Petunjuk A dalam menjawab soal nomor 46 sampai nomor 54.

46. Lahirnya Sosiologi dilatarbelakangi oleh beberapa peristiwa yang mengakibatkan perubahan sosial mendasar di Eropa Barat pada abad ke 19. Salah satu peristiwa tersebut adalah Revolusi Prancis yang mengakibatkan perubahan mendasar dalam sistem ….

  1. ekonomi
  2. agama dan kepercayaan
  3. politik
  4. ilmu pengetahuan
  5. demografis
Jawaban
Revolusi Perancis adalah masa di mana terjadinya pergolakan politik yang dampaknya meluas hingga dirasakan oleh Eropa secara keseluruhan. Peristiwa itu meruntuhkan monarki absolut yang telah berdiri berabad-abad.
Jawaban: C

47. Yang merupakan salah satu karakteristik dari norma hukum adalah ….

  1. dibentuk oleh pemerintah
  2. pemberian sanksi yang hanya memaksa sebagian anggota masyarakat
  3. adanya lembaga formal yang bertugas menegakkan sanksi
  4. untuk mengontrol dan mendominasi masyarakat yang lemah
  5. berasal dari tradisi masyarakat
Jawaban
Norma hukum memiliki ciri:
• Aturannya pasti (tertulis) biasanya adalam bentuk UU atau pasal-pasal
• Mengikat semua orang
• Memiliki alat penegak aturan
• Dibuat oleh lembaga yang berwenang seperti lembaga penegak hukum
• Bersifat memaksa
• Sanksinya berat

Jawaban: C

48. Para pekerja industri konveksi/garmen sibuk bekerja sesuai dengan tugasnya. Misal, bagian pemotongan sibuk memotong kain, tanpa tahu proses produksi berikutnya. Proses ini menyebabkan pekerja industri mengalami ….

  1. marginalisasi
  2. perjuangan kelas
  3. kesadaran palsu
  4. alienasi
  5. stereotip pekerjaan
Jawaban
marginalisasi: menempatkan atau menggeser ke pinggiran, proses pengabaian hak-hak yang seharusnya didapat oleh pihak yang termarginalkan
perjuangan kelas: perwujudan aktif pertentangan kelas yang dilihat dari berbagai macam sudut pandang kaum sosialis
kesadaran palsu: cara-cara di mana proses material, ideologis , dan institusional menyesatkan anggota proletariat dan aktor kelas lainnya dalam masyarakat kapitalis , menyembunyikan eksploitasi intrinsik pada hubungan sosial antar kelas
alienasi: keadaan di mana buruh atau proletar mendapatkan sebuah keadaan yang terasing dari kehidupannya
stereotip pekerjaan: menganggap seseorang pasti memiliki sifat yang sama dan sesuai dengan profesi yang ditekuni, misal: guru dianggap sebagai orang yang pasti bijak dan dijadikan panutan; karena terlalu banyak kasus korupsi yang dilakukan pejabat, maka umumnya semua pejabat dianggap sama, kecuali benar-benar terbukti bahwa ia orang yang bersih dari korupsi

Jawaban: D

49. Walaupun Andi mendapat predikat sebagai mahasiswa berprestasi di salah satu universitas terkemuka, dalam kehidupan sehari-harinya orang lebih mengenalnya sebagai musisi jazz. Status sebagai musisi jazz yang disandang Andi tersebut dikategorikan sebagai ….

  1. multiple status
  2. center status
  3. ascribed status
  4. master status
  5. extended status
Jawaban
Master status adalah status yang paling melekat pada diri seseorang. Di manapun orang ini berada, master status-lah yang menjadi identitas utamanya.
Jawaban: D

50. Di Indonesia ada keyakinan atau kepercayaan dalam masyarakat bahwa pekerjaan yang menggunakan otak atau kepandaian lebih dihargai dan dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan yang menggunakan kekuatan fisik atau tenaga. Ketidaksamaan sosial (social inequality) seperti itu dalam masyarakat dapat terus bertahan atau terpelihara di dalam sebuah sistem ….

  1. meritokrasi
  2. nepotisme
  3. kasta
  4. kelas
  5. proteksi sosial
Jawaban
Meritokrasi sebenarnya menunjuk kepada bentuk sistem politik yang memberikan penghargaan lebih kepada mereka yang berprestasi atau berkemampuan yang dapat dipakai untuk menentukan suatu jabatan tertentu. Kerap dianggap sebagai suatu bentuk sistem masyarakat yang sangat adil dengan memberikan tempat kepada mereka yang berprestasi untuk duduk sebagai pemimpin.
Jawaban: B

SIMAK UI Sosiologi 2018 Kode 852

51. Perhatikan beberapa saluran mobilitas sosial vertikal berikut.

  1. Budi beralih profesi dari penarik ojek online menjadi penarik ojek pangkalan;
  2. Oleh karena prestasi kerjanya, Theo dipromosikan dari staf menjadi wakil manager divisi humas di kantornya;
  3. Nizam berhasil lulus dari kuliah di Program Sarjana Sosiologi UI dan diterima bekerja di perusahaan swasta ternama;
  4. Pak Yusuf seorang guru Sosiologi dari SMA Jakarta pindah menjadi guru Sosiologi di Lampung;
  5. Seorang menteri di salah satu negara menjadi anggota salah satu partai.

Di antara pernyataan di atas yang tergolong ke dalam mobilitas vertikal adalah ….

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 3 dan 4
  5. 3 dan 5
Jawaban
  1. Budi beralih profesi dari penarik ojek online menjadi penarik ojek pangkalan → mobilitas horizontal;
  2. Oleh karena prestasi kerjanya, Theo dipromosikan dari staf menjadi wakil manager divisi humas di kantornya → mobilitas vertikal;
  3. Nizam berhasil lulus dari kuliah di Program Sarjana Sosiologi UI dan diterima bekerja di perusahaan swasta ternama → mobilitas vertikal;
  4. Pak Yusuf seorang guru Sosiologi dari SMA Jakarta pindah menjadi guru Sosiologi di Lampung → mobilitas horizontal;
  5. Seorang menteri di salah satu negara menjadi anggota salah satu partai. → mobilitas horizontal

Jawaban: C

52. Ada sejarawan yang berpendapat bahwa orang Indonesia berasal dari suku Melayu. Walaupun demikian, suku Melayu itu sendiri tidak bersifat tunggal. Ada yang disebut dengan Proto-Melayu dan Deutro-Melayu. Pembagian keberagaman seperti ini menurut A.L. Kroeber adalah ciri masyarakat multikultural dilihat dari sisi ….

  1. bahasa
  2. suku bangsa
  3. ras
  4. warna kulit
  5. tipe rambut
Jawaban
A.L. Kroeber mengklasifikasi keberagaman manusia berdasarkan ciri fisik (ras), pembagiannya adalah:

1. Ras Kaukasoid
Di Eropa dengan struktur alam yang relatif dingin akan mempengaruhi ras yang berbeda, di sana dengan warna kulit putih, rambut pirang, dan manik mata bermata biru yang lazim disebut ras kaukasoid atau orang-orang kulit putih.

2. Ras Mongoloid
Benua Asia mempunyai tipe ras asli dengan warna kulit kuning dan sawo matang, postur tubuh sedang, bentuk bibir dan hidung biasa, ras ini lazim disebut ras Mongoloid. Dalam perkembangannya ras Mongoloid berbeda-beda antara ras yang tinggal di Asia Tengah dan Asia Tenggara.

3. Ras Negroid
Ras ini di Indonesia terdapat di sebagian kecil di Wilayah Indonesia Timur yang telah mengalami proses revolusi panjang yang disebut ras Melanesoid. Pada dasarnya ras Negroid merupakan cikal bakal di Benua Afrika dan Kawasan Timur Tengah.

4. Ras Australoid
Sebelum zaman es (glacial) benua Australia meluas hingga Tasmania, Selandia Baru, Papua, dan Maluku. Daerah-daerah ini mempunyai penduduk asli orang-orang Aborigin serta orang-orang Mikronesia, Papua, Tasmania yang mempunyai ciri-ciri fisik yang sama dengan ras Melanesoid. Akibatnya adanya proses kolonisasi pada awal abad 19 maka kawasan Australia banyak diduduki ras Kaukasoid dari Eropa.

5. Ras-Ras Khusus
Diduga merupakan hasil akumulasi dari berbagai ras yang ada di dunia yang telah mengalami proses relative panjang, serta dipengaruhi oleh kondisi-kondisi relatif panjang, serta dipengaruhi oleh kondisi-kondisi alam di lingkungan masing-masing. Secara rinci ras khusus ini terdiri dari ras Yeddoid, Bushman dan Ainu.

Jawaban: C

53. Hubungan antara kelompok buruh dan pengusaha Indonesia tidak selalu harmonis. Terkadang muncul konflik yang berujung pada tindakan kekerasan atau perusakan. Konflik antara kaum buruh dan pengusaha ini dikategorikan sebagai konfilk ….

  1. vertikal
  2. horizontal
  3. oposisional
  4. lateral
  5. eksploitasional
Jawaban
Konflik vertikal adalah konflik yang terjadi antar individu atau kelompok organisasi yang memiliki kedudukan yang tidak setara.

Jawaban: A

54. Pengunaan internet telah membantu penyebaran pengetahuan dan ide-ide baru dari satu kelompok/masyarakat ke kelompok/masyarakat lain yang dapat mendorong perubahan sosial. Penyebaran pengetahuan dan ide-ide baru sebagai sumber penyebab perubahan sosial disebut ….

  1. inovasi
  2. infiltrasi
  3. asimilasi
  4. difusi
  5. enkulturasi
Jawaban
  • inovasi: pengembangan atau pengenalan sesuatu yang baru
  • infiltrasi: masuknya budaya asing ke dalam budaya bangsa
  • asimilasi: pembauran dua budaya yang sudah menghilangkan sifat budaya asli
  • difusi: penyebaran unsur-unsur budaya ke kelompok lain
  • enkulturasi: proses mempelajari nilai dan norma kebudayaan yang dialami individu selama hidupnya

Jawaban: D

Gunakan Petunjuk B dalam menjawab soal nomor 55 sampai nomor 57.

55. Upaya mengatasi atau menanggulangi anak jalanan tidak mudah dilakukan. Mereka senang di jalan karena mereka mendapatkan uang. Tim Sosiologi bermaksud melakukan penelitian dengan teknik pengamatan terlibat (participant observation).

SEBAB

Participant observation merupakan teknik pengumpulan data dengan pendekatan kuantitatif.

Jawaban
Pernyataan pertama benar. Untuk mendapatkan data secara mendalam mengenai kebiasaan sehari-hari anak jalanan bisa dilakukan pengamatan terlibat (participant observation).

Pernyataan kedua salah. Data yang didapatkan dari participant observation bersifat kualitatif, bukan kuantitatif.
Jawaban: C

SIMAK UI Sosiologi 2018 Kode 852

56. Agen sosialiasi primer yang pokok (penting) dalam sosialisasi seorang anak adalah keluarga.

SEBAB

Sosialisasi merupakan proses mempelajari nilai-nilai dan norma-norma sosial oleh individu-individu untuk dapat hidup dengan baik dimasyarakat.

Jawaban
Pernyataan pertama benar. Pihak yang paling berperan dalam sosialisasi seorang anak adalah keluarga. Keluarga adalah tempat pertama yang ditemui setiap anak. Di keluarga pula ditanamkan nilai-nilai dan norma-norma yang mendasar dalam pembentukan kepribadian anak.

Pernyataan kedua benar. Sosialisasi adalah proses penanaman atau pengenalan nilai-nilai dan norma-norma agar bisa hidup dan bergaul dengan baik di masyarakat.

Kedua pernyataan tidak berhubungan sebab akibat.

Jawaban: B

57. Pembedaan sosial (diferensiasi sosial) merupakan perwujudan pembagian sosial masyarakat ke dalam golongan-golongan atau kelompok-kelompok secara horizontal sehingga tidak memunculkan tingkatan-tingkatan secara hierarkis.

SEBAB

Diferensiasi sosial menyebabkan perbedaan peran-peran sosial di dalam masyarakat, serta menyebabkan perbedaan dalam hal power, prestige, privilege.

Jawaban
Pernyataan pertama benar. Diferensiasi sosial adalah pembedaan status dan peran yang bersifat setara, tidak ada perjenjangan.

Pernyataan kedua salah. Kekuasaan (power), gengsi (prestige), dan hak-hak khusus (privilege) adalah perbedaan yang bersifat vertikal. Ketiganya termasuk ke dalam stratifikasi sosial, bukan diferensiasi.

Jawaban: C

Gunakan Petunjuk C dalam menjawab soal nomor 58 sampai nomor 60.

58. Budi adalah seorang anak berusia 8 tahun dan sangat menggemari sepak bola. Dia menggemari kompetisi La Liga dari Spanyol dengan klub kesayangannya Real Madrid. Berbagai merchandise klub Spanyol tersebut seperti bendera, baju kaos, dan topi dibeli dan dipakai oleh Budi. Dalam pergaulan sehari-hari dengan teman-teman seusianya, Budi seringkali membicarakan Real Madrid dan tidak jarang menirukan aksi selebrasi para pemain Real Madrid setelah mencetak gol. Bagi Budi, klub Real Madrid dijadikan sebagai ….

  1. kelompok dalam (in group)
  2. kelompok primer
  3. kelompok sekunder
  4. kelompok reference
Jawaban
Dari ilustrasi yang digambarkan pada soal diketahui bahwa Budi sangat menggemari klub Real Madrid sampai memiliki segala atributnya, sering membicarakannya, dan menirukan aksi selebrasi para pemainnya.
Klub Real Madrid adalah kelompok acuan (reference group) badi Budi.

Jawaban: D

59. Fungsi laten dari lembaga pendidikan adalah ….

  1. menyediakan sarana untuk pembangkangan
  2. mengurangi pengendalian orang tua
  3. mempertahankan sistem kelas sosial
  4. mentransfer ilmu pengetahuan dan ketrampilan
Jawaban
Setiap lembaga sosial memiliki fungsi manifes dan fungsi laten.
Fungsi manifes adalah fungsi sebenarnya yang diharapkan dari sebuah lembaga sosial.
Fungsi laten adalah bukan fungsi sebenarnya dan tidak diharapkan dari sebuah lembaga sosial, tetapi muncul dengan sendirinya.

  1. menyediakan sarana untuk pembangkangan → fungsi laten
  2. mengurangi pengendalian orang tua → fungsi laten
  3. mempertahankan sistem kelas sosial → fungsi laten
  4. mentransfer ilmu pengetahuan dan ketrampilan → fungsi manifes

Jawaban: A

60. Sindikat pencurian ikan di laut Indonesia, perdagangan narkoba, pencurian kendaraan bermotor, merupakan tindakan ….

  1. penyimpangan yang juga merupakan kejahatan
  2. kejahatan yang bukan penyimpangan
  3. pelanggaran hukum positif yang berlaku
  4. penyimpangan sosial yang bukan kejahatan
Jawaban
  1. penyimpangan yang juga merupakan kejahatan ✅
  2. kejahatan yang bukan penyimpangan ❌ semua kejahatan pasti termasuk penyimpangan
  3. pelanggaran hukum positif yang berlaku ✅
  4. penyimpangan sosial yang bukan kejahatan ❌ pencurian ikan di laut, perdagangan narkoba, dan curanmor merupakan pelanggaran norma hukum dan disebut sebagai kejahatan atau perilaku kriminal.

Jawaban: B

SIMAK UI Sosiologi 2018 Kode 852

Baca juga: SIMAK UI Sosiologi 2018 dan Pembahasannya

Main-main ke channel youtube Ximple Education ya gaes, di sana ada pembahasan soal dengan tips dan trik yang jitu.
Klik logo youtube di bawah ini:

One comment

Berikan komentar

error: Konten ini dilindungi.