SOSIOLOGI

Pembahasan SIMAK UI Sosiologi 2019

1. Objek kajian sosiologi yang membahas kekuatan eksternal yang memengaruhi tindakan dan perilaku individu dan bersifat memaksa disebut ….

  1. realitas sosial
  2. konflik sosial
  3. fakta sosial
  4. tindakan sosial
  5. solidaritas sosial
Jawaban
Emile Durkheim mengembangkan konsep masalah pokok sosiologi dan kemudian diujinya melalui studi empiris.
Secara singkat, pokok bahasan dari sosiologi adalah studi atas fakta sosial.
Fakta sosial didefenisikan sebagai seluruh cara bertindak, baku maupun tidak, yang dapat berlaku pada diri individu sebagai sebuah paksaan eksternal; atau bisa juga dikatakan bahwa fakta sosial adalah seluruh cara bertindak yang umum dipakai suatu masyarakat, dan pada saat yang sama keberadaannya terlepas dari manifestasi-manifestasi individual.
Jawaban: C

2. Hukum adat yang masih diberlakukan oleh masyarakat suku-suku pedalaman tertentu yang berada di wilayah di Indonesia dikategorikan sebagai norma ….

  1. tertulis dan bersifat informal
  2. tertulis dan bersifat formal
  3. tidak tertulis dan bersifat informal
  4. tidak tertulis dan bersifat formal
  5. tidak tertulis dan bersifat legal
Jawaban
Hukum adat (custom) adalah bentuk norma yang tidak tertulis. Aturan tentang perintah dan larangan pada hukum adat disosialisasikan turun temurun tanpa bantuan berupa catatan buku ataupun kitab. Norma adat bersifat informal.
Jawaban: C

3. Indonesia merupakan salah satu negara yang sebagian penduduknya tinggal di wilayah perdesaan. Menurut Kementerian Dalam Negeri, jumlah desa tahun 2015 adalah 74.754. Kehidupan masyarakat di desa tentu saja memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda dengan kehidupan di wilayah perkotaan. Ciri-ciri kehidupan masyarakat di wilayah desa adalah sebagai berikut, kecuali ….

  1. relasi personal
  2. paguyuban
  3. patembayan
  4. nilai tradisional
  5. homogen
Jawaban
Patembayan adalah hubungan sosial yang terbentuk karena perbedaan. Perbedaan ini membuat pihak-pihak di dalamnya saling membutuhkan. Hubungan dalam patembayan hanya sebatas kontraktual dan tidak akrab seperti paguyuban.
Contoh dari patembayan adalah hubungan antara pekerja dengan pemilik perusahaan. Patembayan juga menjadi ciri kehidupan masyarakat kota.
Jawaban: C

4. Seorang guru harus tetap mampu mendidik murid-muridnya dengan disiplin meskipun salah satu muridnya adalah keponakannya sendiri. Ketika pada saat ujian, keponakannya menyontek, dia memberikan hukuman kepadanya. Guru tersebut mengalami ….

  1. konflik peran
  2. ketegangan peran
  3. kegagalan peran
  4. kesenjangan peran
  5. ketimpangan peran
Jawaban
Konflik peran adalah berseterunya antara sebuah peran dengan peran yang lain di dalam diri seseorang.
Ilustrasi pada soal menunjukkan seseorang yang berperan sebagai guru juga sebagai paman/bibi (karena tidak ada keterangan pada soal tentang jenis kelamin sang guru).
Sebagai seorang guru sudah sewajarnya apabila mendidik murid dengan disiplin, namun di sisi lain sebagai seorang paman/bibi iapun harus menyayangi keponakannya. Kondisi seperti ini disebut sebagai konflik peran.
Jawaban: A

5. Kemajemukan bangsa Indonesia ditandai oleh beragamnya suku bangsa, antara lain suku Minangkabau, Madura, dan Asmat. Salah satu faktor yang berkontribusi dalam penciptaan kemajemukan suku bangsa dalam masyarakat Indonesia adalah ….

  1. faktor kepribadian kelompok
  2. faktor geografis wilayah kepulauan
  3. faktor ideologi politik
  4. faktor kelas sosial yang berbeda
  5. faktor penguasaan teknologi
Jawaban
Salah satu faktor yang menyebabkan keragaman budaya di Indonesia adalah kondisi geografis yang sangat beragam pula. Berbagai bentukan alam yang berbeda-beda seperti dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan dan banyaknya pulau menyebabkan kebiasaan bahkan mata pencaharian setiap masyarakat yang juga berbeda-beda.
Jawaban: B

Pembahasan SIMAK UI Sosiologi 2019

6. Penyelesaian konflik antara Palestina dan Israel dilakukan melalui perundingan yang difasilitasi oleh Dewan Keamanan PBB. Hal tersebut merupakan penyelesaian konflik dalam bentuk ….

  1. koersi
  2. mediasi
  3. rekonsiliasi
  4. arbitrasi
  5. negosiasi
Jawaban
Perundingan antara Palestina dan Israel yang difasilitasi oleh Dewan Keamanan PBB dapat dikategorikan sebagai arbitasi.
Arbitrasi adalah penyelesaian konflik yang menghadirkan pihak ketiga yang lebih tinggi posisinya dari kedua belah pihak yang berkonflik.
Jawaban: D
7. Dampak positif globalisasi di bidang sosial budaya dapat diidentifikasi berdasarkan beberapa contoh berikut, kecuali ….

  1. penjunjungan HAM
  2. sikap intoleransi
  3. solidaritas tinggi antarbangsa
  4. peningkatan kualitas diri
  5. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
Jawaban
Sikap intoleransi merupakan perilaku yang negatif. Intoleransi adalah sikap yang tidak menghargai perbedaan. Sikap ini dapat mengganggu ketentraman dan integrasi pada masyarakat. Contoh sikap intoleran adalah rasisme.
Jawaban: B

8. Teori kritis merupakan suatu teori yang berupaya untuk mengungkapkan atau membongkar keburukan dan kepalsuan proses modernisasi yang terjadi pada masyarakat Barat.

SEBAB

Proses modernsisasi yang terjadi pada masyarakat Barat ternyata menciptakan permasalahan baru terkait dengan nilai kemanusiaan dan moralitas, seperti materialisme, komersialisme, dan komodifikasi.

Jawaban
Pernyataan pertama benar. Teori kritis melihat bahwa perkembangan teknologi, yang seharusnya membuat masyarakat modern menjadi lebih kritis, justru malah membuat mereka kehilangan kemampuan untuk berpikir kritis.

Pernyataan kedua benar. Bagi teori kritis, inovasi-inovasi di bidang teknologi (seperti kehadiran televisi dan internet) digunakan sebagai alat oleh para pemilik modal untuk menjinakkan masyarakat. Teori kritis menyatakan bahwa alih-alih didominasi secara ekonomi, masyarakat modern justru didominasi secara kultural, lewat bantuan inovasi-inovasi teknologi tersebut.

Kedua pernyataan berhubungan sebab akibat.
Jawaban: A

9. Kelompok yang melakukan penelitian tentang uang jajan murid SD mengambil sampel secara proporsional dari populasi murid SD yang duduk di kelas 4, 5, dan 6.

SEBAB

Metode sampel proporsional dilakukan dengan memilih sampel di beberapa wilayah atau beberapa kelompok sosial yang mewakili jumlah yang relatif sama dengan populasi.

Jawaban
Pernyataan pertama salah. Mengambil sampel dari kelas 4, 5, dan 6 adalah termasuk teknik pengambilan sampel bertingkat (stratified sampling), bukan sampel proporsional.

Pernyataan kedua salah. Memilih sampel di beberapa wilayah merupakan area sampling, bukan sampel proporsional.
Jawaban: E

10. Stratifikasi sosial merupakan pengelompokan anggota masyarakat berdasarkan status sosial yang dimiliki di dalam kehidupan.

SEBAB

Secara subjektif, status sosial merupakan suatu tatanan hak dan kewajiban yang secara hierarkis terdapat dalam suatu struktur formal sebuah organisasi.

Jawaban
Pernyataan pertama benar. Stratifikasi adalah perbedaan status secara vertikal dan berkaitan dengan status sosial yang dimiliki di dalam kehidupan.

Pernyataan kedua benar. Status sosial merupakan kedudukan yang disandang oleh seseorang. Setiap orang memiliki status yang berbeda-beda, ada yang lebih tinggi dan ada yang lebih rendah.

Kedua kalimat menimbulkan hubungan sebab akibat.
Jawaban: B

Pembahasan SIMAK UI Sosiologi 2019

11. Proses urbanisasi yang terjadi di kota-kota di Indonesia merupakan perubahan sosial yang diakibatkan oleh faktor demografi.

SEBAB

Peningkatan penduduk perkotaan di Indonesia didorong oleh migrasi penduduk yang berasal dari desa.

Jawaban
Pernyataan pertama benar. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Faktor demografi adalah hal-hal yang berkaitan dengan kependudukan, terutama kelahiran, kematian, dan perpindahan.

Pernyataan kedua benar. Meningkatnya penduduk perkotaan di Indonesia kebanyakan penyebabnya adalah perpindahan penduduk dari desa (urbanisasi).

Kedua pernyataan berhubungan sebab akibat.
Jawaban: A

12. Slamet adalah orang asli Kebumen yang tidak pernah tinggal di luar desa. Hampir semua tetangga di sekeliling rumahnya masih terhitung sebagai saudara yang kehidupannya bersifat intim, pribadi, dan eksklusif. Ketika ia melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia, ia merasa canggung pada kehidupan yang baru. Berdasarkan pemikiran Tonnies, kehidupan Slamet di Kebumen bercirikan ….

  1. berdasarkan darah
  2. berdasarkan keluarga
  3. berdasarkan tempat
  4. berdasarkan kekerabatan
Jawaban
Dari ilustrasi pada kalimat soal digambarkan bahwa Slamet adalah anggota dari kelompok yang bersifat paguyuban. Hampir semua tetangga di sekeliling rumah masih terhitung sebagai saudara. Berarti paguyuban di tempat asal Slamet terbentuk berdasarkan darah, keluarga, tempat, dan hubungan kekerabatan.
Jawaban: E

13. Hakikat Lembaga sosial adalah sistem yang tersusun berdasarkan tingkah laku yang berbeda-beda dari organisasi atau grup yang terdiri atas sejumlah orang. Manakah pernyataan yang tepat mengenai hubungan utama suatu lembaga sosial?

  1. Lembaga sosial mengandung nilai-nilai peranan dan bentuk tingkah laku yang ditetapkan baik tertulis maupun tidak tertulis.
  2. Pola-pola tingkah laku yang ditetapkan secara ketat diperhitungkan sebagai sesuatu yang agak permanen.
  3. Pola pembenaran tingkah laku dan tata cara yang ditentukan, dilakukan secara membudaya.
  4. Lembaga sosial berkembang ke dalam masyarakat dengan cara dibangun oleh kelompok-kelompok primer tertentu.
Jawaban
Hubungan utama suatu lembaga sosial?

  1. Lembaga sosial mengandung nilai-nilai peranan dan bentuk tingkah laku yang ditetapkan baik tertulis maupun tidak tertulis ✅
  2. Pola-pola tingkah laku yang ditetapkan secara ketat diperhitungkan sebagai sesuatu yang agak permanen ✅.
  3. Pola pembenaran tingkah laku dan tata cara yang ditentukan, dilakukan secara membudaya ✅.
  4. Lembaga sosial berkembang ke dalam masyarakat dengan cara dibangun oleh kelompok-kelompok primer tertentu❌ → hanya sedikit lembaga sosial yang dibangun oleh kelompok primer, salah satunya keluarga. Kebanyakan lembaga sosial dibangun oleh kelompok-kelompok yang bersifat sekunder.

Jawaban: A

14. Penyimpangan sosial yang dilakukan oleh individu dapat diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah ….

  1. sosialisasi yang tidak sempurna
  2. hasil proses sosialisasi subkebudayaan yang menyimpang
  3. hasil proses belajar yang menyimpang
  4. dikucilkan atau dijauhi kelompoknya
Jawaban
Penyebab penyimpangan sosial yang dilakukan oleh individu:

  1. sosialisasi yang tidak sempurna ✅
  2. hasil proses sosialisasi subkebudayaan yang menyimpang ✅
  3. hasil proses belajar yang menyimpang ✅
  4. dikucilkan atau dijauhi kelompoknya ❌-> bentuk sanksi pengendalian sosial akibat penyimpangan yang dilakukan seseorang

Jawaban: A

15. Berikut adalah contoh mobilitas sosial. Manakah pernyataan yang tergolong ke dalam mobilitas vertikal?

  1. anggota parlemen di salah satu negara menjadi direktur BUMN.
  2. Wawa, anak tukang becak, berhasil lulus dari kuliah dan diterima bekerja di perusahaan swasta ternama.
  3. Marno beralih profesi dari penarik taksi online menjadi sopir pribadi.
  4. Robert memulai karier sebagai staf administrasi di suatu perusahaan dan kini telah menjadi wakil manager divisi humas.
Jawaban
Yang termasuk mobilitas vertikal berikut ini:

  1. anggota parlemen di salah satu negara menjadi direktur BUMN ❌-> mobilitas horizontal
  2. Wawa, anak tukang becak, berhasil lulus dari kuliah dan diterima bekerja di perusahaan swasta ternama ✅
  3. Marno beralih profesi dari penarik taksi online menjadi sopir pribadi ❌-> mobilitas horizontal
  4. Robert memulai karier sebagai staf administrasi di suatu perusahaan dan kini telah menjadi wakil manager divisi humas ✅

Jawaban: C

Pembahasan SIMAK UI Sosiologi 2019

Baca juga: SIMAK UI Sosiologi 2018 Kode 852

Main-main ke channel youtube Ximple Education ya gaes, di sana ada pembahasan soal dengan tips dan trik yang jitu.
Klik logo youtube di bawah ini:

Bimbel Online Terbaik

1 komentar untuk “Pembahasan SIMAK UI Sosiologi 2019”

  1. Ping-kembali: Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2018 Kode 611 - Ximple Education

Komentar ditutup.