Beranda » Blog » Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016
Cari guru privat untuk UTBK 2

Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016

Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016

Halo gaes, setelah belajar materi Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2015, sekarang kita masuk ke Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016 ya. Kalau dilihat sebaran materi dan topiknya, masih cukup ditemukan beberapa kesamaan antara keduanya. Maka dari itu, supaya makin mantep persiapan UTBK, SIMAK UI dan seleksi PTN lainnya penting banget buat kita sering-sering latihan soal, terutama dari soal asli kayak gini.

Yuk, langsung aja cekidot!

1. Topik: Sejarah Lahirnya Sosiologi

Lahirnya sosiologi dilatarbelakangi oleh peristiwa penting yang mengubah tatanan sosial masyarakat Eropa secara mendasar di abad pertengahan. Salah satu peristiwa tersebut adalah ….

  1. meletusnya Perang Dunia I
  2. munculnya fasisme di Jerman
  3. revolusi komunis di Rusia
  4. revolusi politik di Prancis
  5. imperialisme perdagangan
Pembahasan
Beberapa peristiwa penting yang melatarbelakangi lahirnya sosiologi antara lain adalah:

  • – Revolusi politik di Perancis, yang mengubah tatanan atau sistem pemerintahan negara tersebut dari absolutisme menjadi liberalisme.
  • – Revolusi Industri di Inggris, yang mengubah cara kerja manusia dari manual atau menggunakan tangan menjadi menggunakan mesin. Peristiwa ini juga membuat jarak yang semakin jauh antara golongan atas (borjuis) dengan golongan bawah (proletar).

Jawaban: D. revolusi politik di Perancis

2. Topik: Kelompok Sosial

Ikatan dalam solidaritas sosial mekanik yang didasarkan pada kepercayaan dan kesetiakawanan disebut ….

  1. fakta sosial
  2. proses sosial
  3. kesadaran kolektif
  4. norma kolektif
  5. kesadaran sosial
Pembahasan
Solidaritas sosial mekanik adalah istilah buatan Emile Durkheim yang mengarah pada kelompok sosial dengan karakteristik hubungan yang akrab, bersifat informal, dan tidak ada pembagian kerja atau tugas di dalamnya.

Dalam kajiannya tentang masyarakat, Durkheim sangat berfokus pada kesadaran kolektif (collective consciousness) sebagai pilar dari suatu ketertiban sosial atau lebih menekankan pada interaksi asosiatif yang mencerminkan ikatan dan kesepakatan nilai, norma, serta moral sebagai proses sosial yang paling mendasar.

Jawaban: C. kesadaran kolektif

3. Topik: Interaksi Sosial

Dua kelompok masyarakat yang berbeda kebudayaan, kemudian saling bertemu dan melakukan kontak sosial intensif sehingga terjadi pembaharuan budaya, tetapi tidak menghilangkan budaya aslinya disebut ….

  1. akulturasi
  2. asimilasi
  3. amalgamasi
  4. kooperasi
  5. akomodasi
Pembahasan
Berikut ini definisi atau pengertian dari tiap-tiap istilah yang muncul pada pilihan jawaban di atas:

  1. akulturasi: gabungan dua budaya atau lebih yang tidak menghilangkan sifat asli dari budaya lama
  2. asimilasi: campuran dua budaya atau lebih yang menghasilkan budaya baru dan meninggalkan sifat lamanya.
  3. amalgamasi: perkawinan campuran antara dua orang yang berbeda suku, ras, ataupun kewarganegaaraan
  4. kooperasi: interaksi asosiatif yang berupa kerja sama
  5. akomodasi: upaya penyelesaian konflik

Jawaban: A. akulturasi

4. Topik: Interaksi Sosial

Proses sosial yang mempersatukan dan meningkatkan solidaritas anggota kelompok merupakan bentuk ….

  1. disosiatif
  2. asosiatif
  3. kompetisi
  4. akomodasi
  5. kerjasama
Pembahasan
Dalam interaksi sosial antarmanusia, terdapat dua bentuk proses sosial. Dua bentuk proses tersebut adalah:

  • Asosiatif: interaksi atau proses sosial yang mengarah pada integrasi dan dapat mempersatukan dan meningkatkan solidaritas anggota kelompok.
  • Disosiatif: interaksi atau proses sosial yang mengarah pada disintegrasi atau perpecahan. Proses sosial disosiatif terbagi lagi menjadi kompetisi, kontravensi, dan konflik sosial.

Jawaban: B. asosiatif

5. Topik: Struktur Sosial

Antara keluarga yang terbiasa mengisi waktu libur dengan berwisata ke Pantai Senggigi, Pulau Komodo, Pulau Raja Ampat, Tokyo Disneyland atau Sydney Opera House menunjukkan pembedaan status sosial yang didasarkan atas ….

  1. pangkat
  2. jabatan
  3. pekerjaan
  4. kehormatan
  5. gaya hidup
Pembahasan
Kalimat soal menyebutkan keluarga dengan status sosial yang berbeda-beda mengisi waktu libur juga dengan berwisata ke destinasi yang berbeda-beda kelas pula. Liburan merupakan bagian dari gaya hidup.

Jawaban: E. gaya hidup

Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016

Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016

6. Topik: Struktur Sosial

Perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup merupakan mobilitas sosial ….

  1. horizontal
  2. intergenerasi
  3. vertikal
  4. antargenerasi
  5. campuran
Pembahasan
Penekanan pada kalimat soal terdapat pada bagian “untuk meningkatkan taraf hidup”, maka ini termasuk mobilitas vertikal naik.

Jenis-jenis Mobilitas Sosial

A. Menurut arahnya:

1. Mobilitas Horizontal

Mobilitas horizontal adalah perpindahan atau perubahan status sosial seseorang ke status sosial baru yang posisinya masih sederajat, tidak lebih tinggi ataupun lebih rendah. Contohnya: Kepala SMA A dipindahkan untuk bertugas menjadi Kepala SMA B.

2. Mobilitas Vertikal

Mobilitas vertikal adalah perpindahan atau perubahan status sosial seseorang ke status sosial baru yang tidak sederajat dengan kedudukan sebelumnya. Mobilitas vertikal terbagi lagi menjadi:

a. mobilitas vertikal naik (social climbing)

Mobilitas vertikal naik adalah perpindahan atau perubahan status sosial seseorang ke kedudukan yang lebih tinggi. Contohnya: Seorang lulusan SMA yang menjadi mahasiswa di perguruan tinggi.

b. mobilitas vertikal turun (social sinking)

Mobilitas vertikal turun adalah perpindahan atau perubahan status sosial seseorang ke kedudukan yang lebih rendah dari sebelumnya. Contohnya: Pengusaha besar yang jatuh miskin karena perusahaannya bangkrut.

B. Menurut garis generasinya:

1. Mobilitas Intragenerasi

Mobilitas intragenerasi adalah perubahan status sosial yang dialami seseorang dalam satu garis generasi. Untuk lebih mudah memahaminya, contohnya begini: seorang adik yang berhasil menjadi pengusaha memiliki nasib yang lebih bagus daripada kakaknya yang seorang buruh.

2. Mobilitas Antargenerasi

Mobilitas antargenerasi adalah perubahan status sosial yang dialami oleh anggota keluarga yang berbeda generasi, misalnya anak dengan orang tua. Contoh lebih jelasnya begini: Budi anak seorang petani yang cerdas mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di Fakultas Kedokteran UI, akhirnya Budi berhasil menjadi dokter.

Jawaban: C. vertikal

7. Topik: Perbedaan dan Kesetaraan

Keanekaragaman kuliner di Indonesia menunjukkan adanya kemajemukan ….

  1. geografis
  2. pangan
  3. budaya
  4. ekonomi
  5. sosial
Pembahasan
Kuliner atau makanan adalah salah satu unsur dari budaya. Budaya adalah hasil karya manusia yang dapat berupa bahasa, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, termasuk juga keanekaragaman kuliner.

Jawaban: C. budaya

8. Topik: Integrasi Sosial

Menjelang musim hujan masyarakat melakukan kerja bakti untuk membersihkan selokan agar tidak terjadi banjir. Semua anggota masyarakat ikut serta dalam kerja bakti. Ketika warga tidak ikut kerja bakti, tidak ada sanksi secara materi tapi lebih pada sanksi secara moral. Integrasi yang terjadi masyarakat berdasarkan kondisi tersebut tergolong ….

  1. fungsional
  2. budaya
  3. normatif
  4. geografis
  5. koersi
Pembahasan
Integrasi sosial adalah interaksi antarmanusia atau antaranggota masyarakat yang mengarah pada persatuan dan kesatuan.

Jenis-jenis Integrasi Sosial

1. Fungsional

Integrasi fungsional adalah integrasi yang terbentuk karena adanya hubungan fungsional atau kerja sama di antara setiap anggota yang masing-masing memiliki bagian tugasnya. Contohnya: Perusahaan yang di dalamnya ada berbagai divisi dan pembagian tugas.

2. Normatif

Integrasi normatif adalah integrasi yang terbentuk karena adanya ikatan nilai dan norma yang disepakati bersama (konsensus). Contohnya: Persatuan bangsa Indonesia yang diikat oleh Pancasila, UUD 1945, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

3. Koersif

Integrasi koersif adalah integrasi atau persatuan yang terbentuk karena adanya ikatan yang bersifat memaksa. Orang yang berada di dalamnya bisa jadi merasa tidak nyaman dan ingin keluar, namun tidak bisa karena terikat aturan kelompok yang bersifat keras. Contohnya: Integrasi di negara Korea Utara.

Jawaban: A. fungsional

9. Topik: Modernisasi

Salah satu hasil modernisasi yang berguna untuk menunjang dunia pendidikan, tetapi perlu diantisipasi dampaknya adalah ….

  1. sistem pembayaran online
  2. e-book gratis untuk bahan ajar
  3. akses majalah (online)
  4. sistem pembelajaran e-learning
  5. pendaftaran online
Pembahasan
Modernisasi adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara umum, modernisasi lebih banyak mendatangkan manfaat atau dampak positif, tetapi ada juga beberapa dampak negatifnya. Maka dari itu pengaruh modernisasi yang bersifat negatif kita perlu antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merusak tatanan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Dari beberapa pernyataan yang terdapat pada pilihan jawaban, yang merupakan hasil modernisasi yang perlu diantisipasi dampaknya adalah akses majalah online. Pada majalah online terdapat celah untuk disalahgunakan kepada hal-hal yang melanggar norma, seperti mengakses konten negatif yang tidak pantas dilihat.

Jawaban: C. akses majalah (online)

10. Topik: Penelitian Sosial

Tingkat pendidikan merupakan contoh dari suatu variabel.

SEBAB

Variabel adalah konsep yang memiliki dua atau lebih nilai.

Pernyataan benar. Tingkat pendidikan merupakan contoh dari suatu varibel dalam judul penelitian sosial.

Kalimat sebab benar. Variabel adalah konsep yang memiliki dua atau lebih nilai.

Kedua kalimat berhubungan sebab akibat.

Jawaban: A. pernyataan dan sebab benar, keduanya berhubungan sebab akibat

Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016

Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016

11. Topik: Sosialisasi

Teori Charles Horton Cooley tentang looking-glass self merupakan refleksi penilaian orang lain terhadap diri individu.

SEBAB

Diri individu berkembang melalui interaksi sosial yang dipelajari dalam proses sosialisasi.

Pernyataan benar. Istilah looking-glass self diciptakan oleh sosiolog Amerika bernama Charles Horton Cooley pada tahun 1902, dan diperkenalkan ke dalam karyanya Human Nature and the Social Order. Ini digambarkan sebagai cerminan kita tentang bagaimana kita berpikir kita terlihat oleh orang lain.

Kalimat sebab benar. Setiap individu berkembang melalui interaksi sosial yang dipelajari dalam proses sosialisasi.

Kedua kalimat tidak berhubungan sebab akibat.

Jawaban: B. pernyataan dan sebab benar, tetapi tidak berhubungan sebab akibat

12. Topik: Kelompok Sosial

Bentuk paguyuban menurut Ferdinand Tonnies dapat terlihat nyata dalam kehidupan masyarakat desa yang masih sederhana serta berstruktur mekanis.

SEBAB

Pada masyarakat desa yang masih sederhana dalam pandangan Durkheim ditandai oleh pembagian kerja individu tidak menonjol dan kedudukan masyarakat lebih penting sehingga solidaritas yang terbangun bersifat organis.

Pembahasan
Pernyataan benar. Paguyuban (gemeinschaft) menurut Ferdinand Tonnies adalah bentuk hubungan yang berdasar pada kesamaan, bersifat informal, akrab, dan tidak ada pembagian kerja (berstruktur mekanis).

Kalimat sebab salah. Kesalahan pada kalimat ini ditemukan pada akhir kalimat, masyarakat desa memiliki solidaritas yang bersifat mekanis, bukan organis.

Jawaban: C. pernyataan benar, sedangkan kalimat sebab salah

13. Topik: Nilai Sosial

Perbedaan nilai material dan nilai immaterial adalah ….

  1. nilai material berwujud konkret sedangkan nilai rohani berwujud abstrak
  2. nilai material kurang dibutuhkan dibandingkan dengan nilai rohani
  3. nilai material cepat berubah sedangkan nilai rohani sulit berubah
  4. nilai material lebih berharga dibandingkan nilai rohani
Pembahasan
Nilai material adalah sesuatu yang bersifat kebendaan (berwujud konkret), contohnya seperti alat pemenuh kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, tempat tinggal. Sedangkan nilai immaterial memiliki arti sebaliknya, ia tidak berwujud (abstrak), contohnya seperti ideologi, sistem kepercayaan, dan ilmu pengetahuan. Nilai material lebih mudah diterima dan lebih cepat berubah dibandingkan dengan nilai immaterial.

Maka pernyataan yang benar adalah 1 dan 3.

Jawaban: B. 1 dan 3

14. Topik: Lembaga Sosial

Seorang nelayan, setelah menangkap ikan dia juga langsung menjual hasil tangkapannya di pasar. Kegiatan ekonomi nelayan tersebut termasuk telah melaksanakan dua fungsi sekaligus, yaitu ….

  1. industri
  2. pemasaran
  3. konsumen
  4. produksi
Pembahasan
Penekanan pada kalimat soal terdapat pada bagian yang cetak tebal berikut ini:

Seorang nelayan, setelah menangkap ikan dia juga langsung menjual hasil tangkapannya di pasar. Maka jawaban yang tepat adalah pemasaran dan produksi.

Jawaban: C. 2 dan 4

15. Topik: Penyimpangan dan Pengendalian Sosial

Gunjingan hingga pengucilan adalah salah satu mekanisme pengendalian sosial yang diberikan kepada individu karena ….

  1. melanggar norma-norma komunal
  2. jenis pelanggarannya dianggap serius
  3. berada pada komunitas kecil
  4. hubungan sosial antar anggota cukup dekat
Pembahasan
Gunjingan hingga pengucilan adalah bentuk-bentuk pengendalian sosial terhadap pelaku penyimpangan sosial. Gunjingan tergolong pengendalian yang dilakukan pada penyimpangan yang relatif ringan, sedangkan pengucilan dilakukan pada penyimpangan yang lebih berat.

Bentuk pengendalian sosial ini dapat diterapkan karena berbagai kondisi seperti;

    1. terjadi pelanggaran norma sosial yang diterapkan bersama (komunal)
    2. jenis pelanggarannya dianggap serius
    3. berada pada komunitas kecil
    4. hubungan sosial antar anggota cukup dekat

Jawaban: E. semua pernyataan (1, 2, 3, dan 4) benar

Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016

Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016

Demikian pembahasan SBMPTN Sosiologi 2016, semoga bermanfaat.

Baca juga: Pembahasan SBMPTN Sosiologi 2018 Kode 611

Main-main ke channel youtube Ximple Education ya gaes, di sana ada pembahasan soal dengan tips dan trik yang jitu.
Klik logo youtube di bawah ini: