Beranda » Blog » Pembahasan SBMPTN Geografi 2018 Lengkap Semua Kode
Cari guru privat untuk UTBK 2

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018 Lengkap Semua Kode

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Halo, para pejuang PTN. Yuk kita belajar! Kali ini materinya adalah Pembahasan SBMPTN Geografi 2018 lengkap yang diambill dari semua paket/kode soal.

Pada artikel ini soal-soal dari naskah SBMPTN Geografi 2018 kami kelompokkan berdasarkan topik untuk memudahkan dalam membaca dan mempelajarinya. Setelah dikelompokkan, terlihat bahwa topik Sistem Informasi Geografis (SIG) tidak muncul pada SBMPTN Geografi 2018. Namun tidak menutup kemungkinan di tahun ini topik tersebut akan muncul.

Segitu aja deh pengantarnya. Yuk langsung aja cekidot!


Topik: Dasar-dasar Geografi

1. Penerapan pendekatan kewilayahan dalam pembangunan kawasan permukiman adalah dengan mempertimbangkan berbagai aspek fisik dan non-fisik

SEBAB

Penerapan pendekatan kewilayahan di dalam kajian geografi dilakukan dengan urutan aspek fisik terlebih dahulu.

Jawaban
Pernyataan benar. Pendekatan kewilayahan merupakan sudut pandang geografi gabungan antara pendekatan keruangan dengan kelingkungan. Sudut pandang geografi ini memperhatikan berbagai aspek fisik (keadaan alam) dan non-fisik (sosial).

Kalimat sebab salah. Dalam menerapkan suatu pendekatan atau objek formal di dalam kajian geografi tidak harus ada urutan tertentu.

Jawaban: C. pernyataan benar, tetapi kalimat sebab salah

2. Prinsip interelasi dapat diterapkan untuk mengidentifikasi penyebab banjir Jakarta adalah berkurangnya kawasan resapan air di daerah hulu Sungai Ciliwung.

SEBAB

Hubungan antara wilayah Jakarta dan kawasan Puncak-Bogor lebih menekankan pada aspek sosial, ekonomi, dan budaya.

Jawaban
Pernyataan benar. Prinsip interelasi adalah prinsip geografi yang berguna untuk mengidentifikasi hubungan sebab akibat atau keterkaitan di dalam objek yang sedang dikaji. Berkurangnya resapan air di daerah hulu Sungai Ciliwung memiliki keterkaitan dengan peristiwa banjir di Jakarta.

Kalimat sebab benar. Interaksi antara wilayah Jakarta dengan kawasan Puncak-Bogor paling banyak terjadi pada kegiatan rekreasi yang dilakukan warga Jakarta di Puncak, terutama saat musim liburan. Ini berarti interaksi tersebut didasari aspek sosial, ekonomi, dan budaya.

Jawaban: B. kedua pernyataan benar, namun tidak memiliki hubungan sebab akibat

3. Ketidakmerataan persebaran penduduk antarwilayah di Indonesia dapat dilakukan dengan menerapkan konsep lokasi relatif.

SEBAB

Hasil kajian kependudukan tidak dapat menunjukkan secara pasti jumlah dan konsentrasi penduduk di Indonesia.

Jawaban
Pernyataan salah. Dalam mengkaji masalah ketidakmerataan persebaran penduduk antarwilayah di Indonesia kita dapat menggunakan konsep pola dan prinsip distribusi. Konsep pola untuk menggambarkan susunannya secara keruangan dan prinsip distribusi untuk mengkaji persebarannya.

Kalimat sebab salah. Dengan teknologi informasi yang ada pada saat ini kajian kependudukan dapat menunjukkan secara pasti jumlah dan konsentrasi penduduk di Indonesia.

Jawaban: E. kedua pernyataan salah

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Topik: Dinamika Litosfer

4. Proses pembentukan Bukit Barisan di Sumatera lebih disebabkan oleh ….

  1. pembentukan struktur graben tengah
  2. tumbukan antara dua lempeng tektonik
  3. tumbuhnya gunung api di sepanjang sesar
  4. dua lempeng tektonik yang saling menjauh
  5. penunjaman lempeng Samudera Hindia
Jawaban
Bukit Barisan di Sumatera adalah salah satu contoh dari bentukan pegunungan lipatan. Lipatan merupakan bentukan hasil dari konvergensi atau tumbukan antara dua lempeng tektonik.

Dampak pergerakan lempeng yang saling mendekat atau bertumbukan (konvergen) antara lain:

  • terbentuknya palung di dasar laut
  • terbentuknya pegunungan lipatan

Jawaban: B. tumbukan antara dua lempeng tektonik

5. Frekuensi kejadian gempa bumi di pantai barat Pulau Sumatera cenderung lebih sering daripada di pantai timur Pulau Sumatera.

SEBAB

Konsep lokasi dalam geografi dapat diterapkan untuk menganalisis kejadian gempa bumi di Pulau Sumatera berdasarkan jaraknya dari zona subduksi.

Jawaban
Pernyataan benar. Di Pulau Sumatera daerah pertemuan lempeng berada pada pantai barat, maka di daerah tersebut tinggi aktivitas tektonik dan vulkaniknya. Sedangkan pantai timur cenderung lebih aman dari gempa bumi karena jauh dari pertemuan lempeng.

Kalimat sebab salah. Untuk menganalisis kejadian gempa bumi berdasarkan jaraknya dari zona subduksi lebih tepat menggunakan konsep jarak, bukan konsep lokasi. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam ilmu kegempaan (seismologi) juga dikenal rumus tentang menghitung jarak episentrum.

Jawaban: C. pernyataan benar, tetapi sebab salah

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Topik: Pedosfer

6. Tanah aluvial mempunyai perwatakan yang sesuai untuk pengembangan budidaya tanaman pertanian karena ….

  1. struktur tanah gembur
  2. ketersediaan air tinggi
  3. solum tanah tebal
  4. permeabilitas tanah cepat
  5. drainase tanah terhambat
Jawaban
Tanah aluvial merupakan tanah yang berasal dari material endapan sungai. Jenis tanah ini cocok untuk kegiatan pertanian karena subur dan memiliki ketersediaan air yang tinggi.

Jawaban: B. ketersediaan air tinggi

7. Tanah Grumusol mempunyai faktor penghambat dominan ketika akan dikembangkan sebagai lahan pertanian berupa ….

  1. drainase buruk
  2. permeabilitas lambat
  3. kembang-kerut tinggi
  4. porositas rendah
  5. kesuburan rendah
Jawaban
Tanah grumusol merupakan jenis tanah dengan karakteristik kesuburan yang rendah dan memiliki koefisien pemuaian yang tinggi. Faktor kesuburan rendah ini dimiliki oleh banyak jenis tanah, namun karakter khas yang dimiliki tanah grumusol adalah koefisien muai yang tinggi sehingga membuatnya membesar atau mengembang ketika hujan dan mengerut ketika kering.

Jawaban: C. kembang-kerut tinggi

8. Karakteristik tanah yang menyebabkan tanah andosol sesuai untuk pengembangan tanaman sayur-sayuran adalah ….

  1. struktur tanah gembur
  2. kandungan air tinggi
  3. tekstur tanah pasiran
  4. permeabilitas tanah cepat
  5. solum tanah dalam
Jawaban
Tanah andosol adalah salah satu jenis dari kelompok tanah vulkanis. Karakteristik tanah andosol adalah kandungan unsur hara yang tinggi sehingga subur dan memiliki butiran yang halus. Dari pilihan jawaban yang terdapat pada soal kita dapat memilih struktur tanah gembur. Walaupun alasan yang lebih tepat mengapa tanah andosol sesuai untuk pengembangan tanaman sayur-sayuran adalah karena tingkat kesuburan yang tinggi.

Jawaban: A. struktur tanah gembur

9. Faktor pembatas yang banyak dipertimbangkan di dalam pemanfaatan tanah Latosol di daerah perbukitan adalah ….

  1. ketebalan
  2. kesuburan
  3. erodibilitas
  4. permeabilitas
  5. porositas
Jawaban
Tanah latosol disebut juga tanah laterit atau inceptisol, adalah tanah yang biasanya mempunyai ciri berwarna merah. Warna merah ini disebabkan kandungan besi yang dimilikinya. Tanah latosol mempunyai unsur hara yang sedikit, sehingga tidak subur.

Jawaban: C. kesuburan

10. Faktor fisik tanah yang mendukung budidaya tanaman bambu banyak dilakukan di sepanjang alur sungai adalah ….

  1. ketersediaan air tinggi
  2. solum tanah dalam
  3. struktur tanah pejal
  4. kesuburan kimia tinggi
  5. kandungan organik tinggi
Jawaban
Bambu merupakan tumbuhan yang memiliki kemampuan sangat baik dalam menyerap dan menyimpan cadangan air, sehingga bambu banyak dimanfaatkan untuk pelestarian air.

Jawaban: A. ketersediaan air tinggi

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

11. Fungsi tanaman keras di dalam melindungi tanah dari ancaman erosi adalah ….

  1. membelokkan arah angin
  2. membalikkan arah angin
  3. menahan kekuatan angin
  4. mengurangi kecepatan angin
  5. memecah kekuatan angin
Jawaban
Penggunaan tanaman keras untuk melindungi tanah dari erosi dikenal dengan istilah windbreaker. Sesuai namanya, windbreaker dibuat untuk memecah kekuatan angin sehingga melindungi tanah dari pengikisan atau erosi.

Jawaban: E. memecah kekuatan angin

12. Karakteristik fisik tanah gambut yang paling dipertimbangkan di dalam pengelolaannya adalah ….

  1. berat jenis
  2. kematangan
  3. porositas
  4. ketebalan
  5. permeabilitas
Jawaban
Dalam pengelolaannya untuk pertanian, karakteristik fisik tanah gambut yang perlu diperhatikan antara lain kematangan gambut, kadar air, berat isi (bulk density), daya menahan beban (bearing capacity), penurunan permukaan tanah (subsidence), dan sifat kering tak balik (irreversible drying).

Kematangan gambut merupakan level pelapukan bahan organik dari tanah gambut. Kematangan gambut berbanding lurus dengan produktivitas lahan gambut, karena sangat menentukan tingkat kesuburan tanah dan ketersediaan unsur hara di dalamnya. Menurut level kematangannya, gambut dibagi menjadi tiga, yaitu: saprik (matang), hemik (setengah matang), dan fibrik (mentah).

Jumlah unsur hara yang terdapat pada lahan gambut yang lebih matang cenderung lebih tinggi daripada lahan gambut mentah. Struktur gambut yang lebih matang juga lebih baik, jadi lebih berdampak positif bagi pertumbuhan tumbuhan atau tanaman. Maka tingkat kematangan gambut adalah karakteristik fisik tanah gambut yang paling menentukan kesesuaian gambut untuk pengembangan pertanian.

Jawaban: B. kematangan

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Topik: Atmosfer

13. Peningkatan gas rumah kaca (GRK) di lapisan atmosfer bumi berpengaruh terhadap peningkatan suhu udara permukaan bumi karena ….

  1. menghambat radiasi bumi
  2. meningkatkan radiasi matahari
  3. menghambat radiasi matahari
  4. meningkatkan radiasi bumi
  5. memantulkan radiasi matahari
Jawaban
Gas rumah kaca adalah gas-gas pada lapisan atmosfer yang menyebabkan efek rumah kaca. Efek rumah kaca membuat panas matahari yang masuk ke bumi tidak dapat dilepaskan lagi karena tertahan oleh gas-gas rumah kaca. Peningkatan gas rumah kaca dapat membuat suhu udara permukaan bumi semakin meningkat karena menghambat pelepasan panas (radiasi) dari bumi ke luar atmosfer bumi.

Jawaban: A. menghambat radiasi bumi

14. Perubahan iklim menimbulkan dampak negatif bagi petani di Indonesia berupa ….

  1. ketidakpastian masa panen
  2. penurunan adaptasi tanaman
  3. kekacauan awal masa tanam
  4. gangguan pertumbuhan tanaman
  5. kekacauan pola tanam
Jawaban
Pemanasan global dan perubahan iklim memiliki dampak yang berbeda-beda di setiap tempat. Di daerah kutub perubahan iklim menyebabkan es mencair, di lintang sedang perubahan iklim menyebabkan berbagai fenomena cuaca ekstrim, sedangkan di wilayah tropis dampaknya adalah pergantian musim yang menjadi tidak menentu.

Pergantian musim yang tidak menentu ini membuat ketidakpastian masa panen. Kita perlu ingat bahwa umumnya petani baru mendapatkan penghasilan ketika masa panen. Ketidakpastian masa panen akan berdampak negatif bagi petani.

Jawaban: A. ketidakpastian masa panen

15. Fenomena hujan orografis di Indonesia menimbulkan perbedaan kondisi iklim yang tegas antarwilayah ….

  1. dataran rendah dan perbukitan
  2. lereng hadap dan membelakangi laut
  3. pulau besar dan pulau kecil
  4. perbukitan dan pegunungan tinggi
  5. gunung api dan pegunungan
Jawaban
Hujan orografis adalah hujan yang terjadi di gunung atau pegunungan pada sisi daerah tangkapan hujan. Untuk lebih mudah memahaminya perhatikan gambar berikut.

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018 - hujan orografis

Peristiwa hujan orografis diawali dari penguapan di laut (evaporasi) yang kemudian berubah menjadi udara yang basah (uap air) dan tertiup angin menuju ke daratan. Semakin dalam ke arah daratan ketinggiannya semakin bertambah, sehingga suhunya semakin rendah (dingin). Suhu yang rendah ini membuat uap air tadi berubah menjadi titik-titik air (kondensasi) dan siap turun sebagai hujan. Pada puncak gunung, uap air yang berubah menjadi titik-titik air dihabiskan dan jatuh semua menjadi hujan, sehingga ketika anginnya lanjut bertiup ke sisi yang membelakangi laut ia menjadi angin yang kering dan panas.

Jawaban: B. lereng hadap dan membelakangi laut

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

16. Kondisi cuaca yang paling sering menimbulkan gangguan pada aktivitas penerbangan adalah ….

  1. curah hujan dan tekanan udara
  2. suhu udara dan kecepatan angin
  3. suhu udara dan kelembaban udara
  4. kelembaban udara dan curah hujan
  5. kecepatan angin dan tekanan udara
Jawaban
Aktivitas penerbangan sangat terpengaruh oleh kondisi cuaca. Semua unsur cuaca dapat memengaruhi kelancaran penerbangan. Akan tetapi yang paling sering dan paling mengganggu adalah kondisi hujan, awan cumulonimbus, dan turbulensi.

Kondisi hujan akan membuat lepas landas dan pendaratan lebih beresiko karena landasan yang licin.

Jawaban: A. curah hujan dan tekanan udara

17. Peningkatan intensitas hujan siklonal sebagai akibat pergerakan udara hangat dengan kadar uap tinggi dipengaruhi oleh faktor ….

  1. kecepatan angin tinggi
  2. suhu air laut rendah
  3. tekanan udara tinggi
  4. suhu air laut tinggi
  5. kecepatan angin rendah
Jawaban
Peristiwa hujan tidak lepas dari siklus hidrologi yang diawali dari penguapan (evaporasi). Semakin banyak air yang menguap, maka semakin banyak juga air yang akan jatuh. Dengan kata lain intensitas hujannya akan semakin meningkat. Peristiwa ini dipengaruhi oleh suhu air laut yang tinggi.

Jawaban: D. suhu air laut tinggi

18. Peningkatan kadar karbondioksida di atmosfer bumi dapat mengakibatkan perubahan cuaca dan iklim di permukaan bumi berupa ….

  1. peningkatan kecepatan angin
  2. peningkatan curah hujan
  3. penurunan tekanan udara
  4. peningkatan suhu udara
  5. peningkatan kelembaban udara
Jawaban
Karbondioksida adalah salah satu gas yang termasuk kategori gas rumah kaca. Jika kadar karbondioksida meningkat, maka fenomena efek rumah kaca pun makin dirasakan yang berdampak pada suhu udara yang semakin tinggi.

Jawaban: D. peningkatan suhu udara

Topik: Hidrosfer

19. Proses erosi pada sungai dengan pola meander dapat diketemukan pada bagian ….

  1. dasar sungai
  2. lengkung luar
  3. lengkung dalam
  4. semua bagian
  5. tidak ada
Jawaban
Perhatikan gambar meander berikut ini:

meander
sumber: internetgeography.net

Panah berwarna biru menunjukkan arah arus sekaligus proses erosi yang terjadi di saluran sungai. Terlihat bahwa panah tersebut selalu menabrak bagian lengkung luar. Maka dari itu bagian lengkung luar lah yang mengalami proses erosi. Sedangkan lengkung dalam cenderung mengalami sedimentasi.

Jawaban: B. lengkung luar

20. Fenomena terbentuknya mata air artesis di dataran kaki gunung api disebabkan oleh ….

  1. akuifer terpotong oleh lembah sungai
  2. akuifer semi-tertekan yang pecah
  3. proses vulkanisme
  4. kontak air tanah dengan batuan panas
  5. formasi lembah sungai tertimbun
Jawaban
Perhatikan ilustrasi mata air artesis berikut ini:

mata air artesis
sumber: Wikipedia

Mata air artesis terbentuk karena adanya daratan cekung yang posisinya lebih rendah daripada ketinggian air tanah, kemudian pada bagian tersebut pecah sehingga akuifer semi-tertekan semi-confined aquifer terdorong keluar dan tercipta mata air.

Jawaban: B. akuifer semi-tertekan yang pecah

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

21. Pesisir timur Sumatera lebih berisiko terlanda bencana tsunami dibanding pesisir barat Sumatera.

SEBAB

Daratan pesisir timur Sumatera sebagian besar berupa dataran rendah dan rawa-rawa.

Jawaban
Pernyataan salah. Bagian Pulau Sumatera yang berisiko terlanda bencana tsunami adalah pesisir barat, sebab pesisir barat merupakan daerah pertemuan lempeng dan juga menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Kalimat sebab benar. Daratan pesisir timur Sumatera cenderung landai, didominasi dataran rendah dan rawa-rawa.

Jawaban: D. pernyataan salah, tetapi kalimat sebab benar

22. Faktor yang menyebabkan terjadinya intrusi air laut di dataran aluvial pantai adalah ….

  1. hilangnya formasi mangrove
  2. kenaikan muka air laut
  3. pengambilan air tanah berlebih
  4. pasang surut air laut
  5. pengaruh proses neotektonisme
Jawaban
Intrusi air laut adalah peristiwa masuknya air laut ke dalam tanah. Pada dasarnya air tanah dengan air laut bertemu dan saling menekan di area tanggul pantai. Jika keadaan masih normal, air tanah dengan posisi lebih tinggi akan menang ketika saling menekan dengan air laut, sehingga air laut tidak masuk ke dalam tanah. Akan tetapi di banyak daerah saat ini telah lama terjadi pengambilan air tanah berlebihan yang menyebabkan terjadi ruang yang dapat dimasuki oleh air laut.

Jawaban: C. pengambilan air tanah berlebih

23. Fenomena alur sungai yang berbentuk huruf V terbentuk karena proses ….

  1. erosi vertikal dominan
  2. sedimentasi dominan
  3. erosi vertikal dan horizontal seimbang
  4. sedimentasi dan erosi seimbang
  5. erosi horizontal dominan
Jawaban
Alur sungai berbentuk V maksudnya adalah semakin menyempit ke bagian dasar. Karakter sungai seperti ini dapat ditemukan pada bagian hulu. Aliran yang deras dan erosi vertikal yang dominan menjadi penyebab terjadinya hal tersebut.

Jawaban: A. erosi vertikal dominan

24. Pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) di bagian hilir untuk pencegahan banjir paling tepat dilakukan dengan ….

  1. pengerukan sedimen sungai
  2. pembuatan bendungan pengendali
  3. konservasi vegetasi hutan
  4. penguatan tebing sungai
  5. pembuatan lubang biopori
Jawaban
Daerah aliran sungai bagian hilir memiliki arus yang lemah sehingga proses yang dominan adalah sedimentasi dan hampir tidak ada erosi. Material sedimen ini membuat sungai menjadi semakin dangkal dan berkurang daya tampungnya terhadap air hujan. Hal ini dapat menyebabkan banjir.

Maka untuk meningkatkan kapasitas atau daya tampung sungai agar mencegah banjir perlu dilakukan upaya pengerukan sedimen sungai.

Jawaban: A. pengerukan sedimen

25. Pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) di bagian hulu untuk pencegahan banjir paling tepat dilakukan dengan ….

  1. pengerukan sedimen sungai
  2. pembuatan bendungan pengendali
  3. konservasi vegetasi hutan
  4. penguatan tebing sungai
  5. pembuatan lubang biopori
Jawaban
Daerah aliran sungai bagian hulu adalah area di sekitar gunung yang memiliki kemiringan curam sehingga arus sungainya deras dan alirannya cenderung lurus, belum banyak kelokan. Bagian hulu turut berperan dalam pencegahan banjir di daerah yang lebih rendah. Cara pencegahan banjirnya adalah dengan memaksimalkan pelestarian hutan di bagian hulu. Hutan memiliki fungsi hidrologis, yang artinya hutan menyerap dan menyimpan cadangan air, sehingga suplai air ke bagian yang lebih rendah tidak terlalu banyak dan tercegah dari banjir.

Jawaban: C. konservasi vegetasi hutan

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

26. Penampang alur sungai yang berbentuk huruf V terbentuk karena proses ….

  1. erosi vertikal dominan
  2. sedimentasi dominan
  3. erosi vertikal dan horizontal seimbang
  4. sedimentasi dan erosi seimbang
  5. erosi horizontal dominan
Jawaban
Penampang alur sungai berbentuk huruf V maksudnya adalah saluran sungainya semakin ke dasar semakin menyempit. Ini adalah karakter dari sungai bagian hulu dengan aliran yang deras sehingga terjadi pengikisan dasar sungai atau erosi vertikal.

Jawaban: A. erosi vertikal dominan

27. Penyebab terjadinya danau air asin seperti Danau Satonda di Bima, Nusa Tenggara Barat, adalah ….

  1. intrusi air laut yang terjadi di danau
  2. partikel yang terkandung dalam air danau
  3. air laut yang terperangkap di dalam batuan
  4. danau yang lebih rendah dari permukaan air laut
  5. evaporasi yang besar pada air danau
Jawaban
Air di Danau Satonda asin disebabkan tercampur dengan air laut yang meluap dan terperangkap di danau pada saat gunung Tambora meletus. Letusan Tambora yang sangat dahsyat menyebabkan gelombang tsunami, kemudian air laut dari tsunami tersebut terjebak di cekungan danau.

Jawaban: C. air laut yang terperangkap di dalam batuan

28. Perubahan warna pada telaga atau danau kawah gunung api terjadi sebagai akibat ….

  1. perubahan suhu air
  2. fluktuasi intensitas sinar
  3. pertumbuhan alga tertentu
  4. perubahan kandungan gas
  5. peningkatan keasaman air
Jawaban
Keadaan fisik dan kimia yang ditunjukkan dengan warna pada telaga atau danau kawah gunung api dipengaruhi oleh kandungan gas magma dari aktivitas vulkanik di gunung.

Gas belerang (H2S dan SO2) biasanya akan membuat danau kawah menjadi berwarna hijau cerah (seperti di Kawah Ijen). Warna ini dapat berubah sewaktu-waktu menjadi kuning atau putih, tergantung kepekatan gas yang keluar. Gas lain yang dapat dikeluarkan kawah adalah gas klor, fluor, CO serta CO2. Komposisi gas-gas yang terlarut atau bereaksi dengan air dan mineral mengakibatkan perbedaan warna danau, seperti yang mudah terlihat pada kompleks Kelimutu. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_kawah)

Jawaban: D. perubahan kandungan gas

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Topik: Biosfer

29. Bioma terkering terdapat di gurun pasir yang terbentuk karena mendapatkan intensitas penyinaran matahari paling tinggi dibandingkan wilayah lain di bumi.

SEBAB

Posisi wilayah gurun di bumi selalu berada pada kawasan lintang rendah.

Jawaban
Pernyataan salah. Bioma terkering adalah gurun, yang terbentuk karena letaknya yang berada di dalam benua atau daratan yang sangat luas dan jauh dari jangkauan air.

Kalimat sebab salah. Kawasan lintang rendah adalah daerah di sekitar lintang 0° atau khatulistiwa. Kawasan ini memili iklim tropis dengan karakter curah hujan yang tinggi, sehingga tidak ditemukan gurun. Justru bioma yang dominan di kawasan lintang rendah adalah hutan hujan tropis yang notabene merupakan bioma paling basah.

Jawaban: E. pernyataan dan sebab salah

30. Persebaran flora di Indonesia sangat bervariasi karena adanya perbedaan kondisi geografis.

SEBAB

Kondisi geografis Indonesia yang menentukan variasi flora di Indonesia adalah kondisi iklim dan cuaca.

Jawaban
Pernyataan benar. Persebaran flora dipengaruhi oleh faktor topografi atau fisiografi, klimatik, edafik, dan aktivitas manusia dan hewan. Kondisi geografis dapat mewakili faktor topografi atau fisiografi, klimatik, dan edafik.

Kalimat sebab benar. Di antara faktor yang menentukan variasi flora di Indonesia adalah kondisi geografis yang berupa kondisi iklim dan cuaca, fisiografi atau topografi, dan juga keadaan tanah (edafik).

Jawaban: B. kedua kalimat benar, namun tidak berhubungan sebab akibat

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

31. Menurut Junghuhn, persebaran tumbuhan tropis di Indonesia dipengaruhi oleh faktor ketinggian tempat.

SEBAB

Perbedaan ketinggian tempat mengakibatkan terjadinya perbedaan suhu dan kelembaban udara.

Jawaban
Pernyataan benar. Junghuhn membuat klasifikasi iklim berdasarkan ketinggian tempat, suhu udara, dan vegetasi yang cocok hidup di tempat itu.

Kalimat sebab benar. Semakin tinggi tempat suhunya semakin rendah, jadi perbedaan ketinggian berpengaruh terhadap perbedaan suhu dan kelembaban udara.

Jawaban: A. kedua kalimat benar dan berhubungan sebab akibat

32. Garis Wallacea yang melalui Selat Makassar dan Selat Lombok membatasi persebaran fauna asiatis dengan fauna australis.

SEBAB

Migrasi fauna yang berada pada dua sisi yang berbeda dari garis Wallacea tidak dapat melampaui pembatas alam yang berupa palung laut.

Jawaban
Pernyataan salah. Garis Wallace membatasi wilayah persebaran fauna Asiatis dengan Peralihan.

Kalimat sebab benar. Wilayah persebaran fauna Asiatis dan Peralihan yang dibatasi oleh garis Wallace memiliki pembatas alam berupa laut dan palung laut.

Jawaban: D. pernyataan salah, tetapi kalimat sebab benar

33. Ragam spesies flora dan fauna di kawasan ekuator lebih banyak dibandingkan kawasan lain di bumi.

SEBAB

Daerah tropika mempunyai kondisi lingkungan yang relatif paling sesuai untuk mendukung kehidupan makhluk hidup pada umumnya.

Jawaban
Pernyataan benar. Keanekaragaman hayati atau biodiversitas di kawasan ekuator adalah yang paling kaya dibandingan kawasan lain di bumi. Hal ini terjadi karena kawasan ekuator memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi dan sinar matahari yang tersedia sepanjang tahun, sehingga nyaman sebagai tempat tinggal bagi banyak spesies flora dan fauna.

Kalimat sebab benar. Daerah tropika mempunyai kondisi lingkungan yang relatif paling sesuai untuk mendukung kehidupan makhluk pada umumnya, seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya.

Jawaban: A. kedua kalimat benar dan berhubungan sebab akibat

34. Peristiwa harimau memasuki permukiman penduduk terjadi karena peningkatan kepadatan populasinya.

SEBAB

Semakin tinggi populasi harimau, maka semakin rendah tingkat ketersediaan bahan makanan di habitatnya.

Jawaban
Pernyataan salah. Harimau memasuki permukiman penduduk karena rusaknya hutan yang menjadi habitat mereka. Ditambah lagi maraknya perburuan hewan yang menjadi mangsa seperti rusa menyebabkan harimau kekurangan makanan. Sehingga harimau masuk permukiman penduduk dan memakan hewan ternak milik warga.

Kalimat sebab benar. Semakin tinggi populasi harimau, maka semakin tinggi persaingan mereka dalam mendapatkan makanan, sehingga semakin rendah tingkat ketersediaan bahan makanan di habitatnya.

Jawaban: D. pernyataan salah, tetapi kalimat sebab benar

35. Setiap jenis hewan dan tumbuhan tersebar tidak merata di berbagai tempat di permukaan bumi.

SEBAB

Setiap jenis hewan dan tumbuhan mempunyai habitat yang sesuai dengan persyaratan hidupnya.

Jawaban
Pernyataan benar. Setiap jenis hewan dan tumbuhan memiliki kemampuan beradaptasi yang berbeda-beda, sehingga mereka tersebar tidak merata di berbagai tempat di permukaan bumi.

Kalimat sebab benar. Masing-masing jenis hewan dan tumbuhan mempunyai habitat yang sesuai dengan kondisi, bentuk, dan fungsi tubuhnya.

Jawaban: A. kedua kalimat benar dan berhubungan sebab akibat

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Topik: Dinamika Penduduk

36. Upaya untuk memperkecil dampak negatif tingginya pertumbuhan penduduk kota dan meluasnya permukiman di daerah pinggiran adalah ….

  1. mengembangkan industri di pinggiran kota
  2. memperkecil dampak pencemaran lingkungan
  3. menata ulang tata ruang wilayah kota
  4. mengembalikan fungsi penggunaan lahan
  5. mengurangi jumlah pengangguran di kota
Jawaban
Solusi yang paling tepat untuk permasalahan tersebut adalah penataan ulang tata ruang wilayah kota agar lebih teratur, tepat guna, dan seimbang karena memperhatikan berbagai aspek seperti permukiman, pusat kegiatan, dan sebagainya. Penataan ulang ini juga diharapkan mampu mengatasi masalah kepadatan penduduk akibat tingginya pertumbuhan penduduk kota.

Jawaban: C. menata ulang tata ruang wilayah kota

37. Dampak yang timbul sebagai akibat tingginya angka kelahiran pada suatu wilayah adalah ….

  1. menurunnya migrasi masuk
  2. meningkatnya angka kemiskinan
  3. menurunnya angka harapan hidup
  4. meningkatnya angka ketergantungan
Jawaban
Berikut analisis dari setiap pernyataan yang terdapat pada soal:

  1. Menurunnya migrasi masuk tidak ada kaitannya dengan tingginya angka kelahiran.
  2. Angka kelahiran yang tinggi tidak menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan
  3. Angka harapan hidup dilihat dari rata-rata panjang atau lama usia hidup penduduk di suatu wilayah, hal ini tidak ada kaitannya dengan tingginya angka kelahiran.
  4. Tingginya angka kelahiran berarti menambah jumlah usia penduduk yang belum produktif, sehingga ini berdampak pada meningkatnya angka ketergantungan.

Jawaban: D. 4 saja

38. Karakteristik piramida penduduk negara maju umumnya berbentuk konstruktif karena ….

  1. jumlah penduduk tua yang lebih besar dibanding penduduk muda
  2. jumlah penduduk muda, dewasa, dan tua yang relatif seimbang
  3. angka kelahiran yang lebih kecil dibanding angka kematian
  4. jumlah penduduk wanita dan penduduk pria yang seimbang
  5. tingkat kematian dan tingkat kelahiran bayi yang rendah
Jawaban
Piramida penduduk negara maju yang berbentuk konstruktif disebabkan oleh jumlah penduduk usia tua lebih banyak daripada penduduk muda. Keadaan ini membuat piramida penduduknya lebar di bagian atas.

Ciri lain dari piramida penduduk konstruktif adalah jumlah kelahiran lebih sedikit dari jumlah kematian. Penyebabnya adalah orang-orang di negara maju banyak yang menunda kelahiran atau bahkan tidak menginginkannya karena pandangan mereka tentang mengurus anak menyusahkan dan sebagainya. Ini membuat jumlah penduduk mereka semakin lama akan semakin berkurang.

Jawaban: A. jumlah penduduk tua yang lebih besar dibanding penduduk muda

39. Ciri-ciri negara yang memiliki piramida penduduk konstruktif adalah ….

  1. tingginya proporsi penduduk usia muda
  2. terjadinya penurunan tingkat kelahiran
  3. tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi
  4. terjadinya penurunan tingkat kematian
Jawaban
Piramida penduduk konstruktif adalah grafik yang menggambarkan keadaan kependudukan dengan ciri-ciri:

  • – Dominan penduduk usia tua
  • – Angka kelahiran dan kematian rendah
  • – Angka kelahiran lebih kecil dari angka kematian
  • – Umumnya dimiliki oleh negara maju

Dari empat pernyataan yang terdapat pada soal, yang termasuk ciri piramida konstruktif adalah penurunan tingkat kelahiran dan penurunan tingkat kematian.

Pernyataan nomor 1 dan 3 salah karena itu adalah ciri dari piramida penduduk muda (ekspansif).

Jawaban: C. 2 dan 4

40. Tingginya pertumbuhan penduduk dapat menghambat perkembangan suatu negara untuk menjadi negara maju karena ….

  1. tingkat pendidikan penduduk rendah
  2. angka beban ketergantungan tinggi
  3. proporsi penduduk muda tinggi
  4. pendapatan per kapita rendah
  5. lapangan pekerjaan semakin sempit
Jawaban
Tingginya pertumbuhan penduduk akan menjadi penghambat perkembangan suatu negara untuk menjadi negara maju karena banyaknya jumlah penduduk usia muda yang belum produktif sehingga membuat angka ketergantungan tinggi.

Jawaban: B. angka beban ketergantungan tinggi

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

41. Faktor penarik yang menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk dari kota ke desa adalah ….

  1. harga tanah yang murah
  2. kenyamanan hidup yang tinggi
  3. ikatan kekeluargaan yang tinggi
  4. keamanan hidup yang terjamin
Jawaban
Faktor penarik perpindahan penduduk adalah hal-hal yang muncul dari daerah tujuan yang bersifat positif atau memiliki daya tarik yang membuat orang dari daerah lain ingin tinggal di daerah tersebut.

Dari empat pernyataan pada soal yang termasuk faktor penarik perpindahan penduduk dari kota ke desa adalah:

  1. harga tanah yang murah, karena kepadatan penduduk yang rendah
  2. kenyamanan hidup yang tinggi, karena jauh dari hiruk pikuk masalah perkotaan
  3. ikatan kekeluargaan yang tinggi, karena masyarakat desa bersifat paguyuban
  4. keamanan hidup yang terjamin, karena di desa tindakan kriminalitas lebih sedikit dibandingkan kota

Jawaban: E. semua benar

42. Faktor yang menyebabkan tingginya angka perkawinan dini di beberapa wilayah perdesaan Indonesia adalah ….

  1. rendahnya tingkat pendidikan
  2. pengaruh budaya setempat
  3. tingginya tekanan ekonomi
  4. eratnya hubungan kekerabatan
Jawaban
Di perdesaan angka perkawinan dini tinggi karena beberapa hal berikut:

  1. Rendahnya tingkat pendidikan. Banyak dari warga desa yang tidak berorientasi pada pendidikan tinggi, sehingga mereka merasa tidak punya kewajiban untuk melanjutkan sekolah. Banyak dari mereka yang hanya lulus SD lalu dinikahkan.
  2. Pengaruh budaya setempat. Menikah pada usia muda sudah dilakukan oleh para orangtua mereka dan itu tidak dipandang menyalahi nilai ataupun norma yang berlaku, sehingga hal ini terus terjadi secara turun temurun.
  3. Tingginya tekanan ekonomi. Menikah diharapkan bisa menjadi saluran mobilitas sosial yang dapat memperbaiki kualitas hidup menjadi lebih sejahtera.

Jawaban: A. 1, 2, dan 3

43. Upaya yang dilakukan untuk menekan tingginya laju urbanisasi dari desa ke kota besar di Indonesia adalah ….

  1. memperluas lapangan kerja di desa
  2. meningkatkan keterampilan masyarakat desa
  3. menambah sarana dan prasarana desa
  4. meningkatkan luas lahan pertanian
Jawaban
Orang-orang dari desa banyak pindah ke kota karena berbagai alasan, seperti: lapangan kerja yang terbatas, upah yang minim, dan sarana-prasarana yang kurang lengkap. Maka untuk menekan tingginya laju urbanisasi perlu memperhatikan sebab-sebab tersebut, seperti:

  1. memperluas lapangan kerja di desa
  2. meningkatkan keterampilan masyarakat desa
  3. menambah sarana dan prasarana desa

Jawaban: A. 1, 2, dan 3

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Topik: Sumber Daya Alam

44. Faktor utama yang mendorong Indonesia mengembangkan energi alternatif untuk mencukupi kebutuhan energi nasional adalah ….

  1. terbatasnya cadangan energi fosil
  2. meningkatnya kebutuhan energi nasional
  3. melimpahnya sumber energi nonfosil
  4. tingginya harga miyak dunia
  5. tersedianya teknologi energi alternatif
Jawaban
Indonesia harus segera mengembangkan energi alternatif agar dapat mencukupi kebutuhan nasional karena kebutuhan energi nasional semakin hari semakin meningkat.

Jawaban: B. meningkatnya kebutuhan energi nasional

45. Pengendalian eksploitasi sumber daya alam tak terbarukan di Indonesia perlu digalakkan karena ….

  1. jumlah cadangan terbatas
  2. sebaran tidak merata
  3. pembentukannya berlangsung lama
  4. antisipasi pertumbuhan kebutuhan
Jawaban
Eksploitasi sumber daya alam tak terbarukan akan menyebabkan kehabisan atau kelangkaan yang itu akan menjadi masalah besar bagi hajat hidup orang banyak. Maka kita harus mengendalikan eksploitasi sumber daya alam tak terbarukan, karena:

  1. jumlah cadangan terbatas, suatu saat akan habis
  2. sebaran tidak merata, sehingga memungkinan jumlahnya berlebih di suatu tempat sekaligus langka di tempat yang lain
  3. pembentukannya berlangsung sangat lama, bahkan bisa memakan waktu jutaan tahun, sehingga tidak mungkin kita menunggunya
  4. antisipasi pertumbuhan kebutuhan, di masa depan jumlah penduduk akan semakin banyak sehingga kebutuhan akan sumber daya alam pun meningkat

Jawaban: E. semua benar

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018 - Iklan Buku Susu Macan

46. Kendala yang dihadapi masyarakat dalam pemanfaatan pasang surut air laut sebagai sumber energi alternatif adalah ….

  1. ancaman bahaya tsunami
  2. keterbatasan penguasaan teknologi
  3. ketidakstabilan sumber energi
  4. keterjangkauan lokasi permukiman
  5. keterbatasan sumber pendanaan
Jawaban
Berikut analisis dari setiap pilihan jawaban yang terdapat pada soal:

  • A salah, karena perairan yang memiliki ancaman bahaya tsunami berarti memiliki gelombang yang besar dan merupakan potensi sumber energi yang besar pula.
  • B benar, saat ini yang menjadi kendala dalam pemanfaatan pasang surut air laut sebagai sumber enegi alternatif adalah minimnya penguasaan teknologi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  • C salah, pasang surut air laut adalah peristiwa gerakan yang terus menerus terjadi setiap hari, itu merupakan sumber energi yang stabil.
  • D salah, keterjangkauan lokasi permukiman tidak ada kaitannya dengan pemanfaatan psang surut air laut.
  • E salah, karena sumber pendanaan bisa didapat dari investor.

Jawaban: B. keterbatasan penguasaan teknologi

47. Panas bumi tergolong sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan karena ….

  1. emisi karbon yang rendah
  2. lokasi yang jauh dari permukiman
  3. tidak menghasilkan limbah
  4. penggunaan teknologi yang rendah
  5. tidak mengganggu habitat
Jawaban
Geothermal atau panas bumi adalah salah satu sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Hampir tidak ada polusi yang dihasilkan dari kegiatan pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi.

Jawaban: A. emisi karbon yang rendah

48. Faktor geografis yang perlu dipertimbangkan dalam studi kelayakan pengembangan sumber energi panas bumi adalah ….

  1. ketersediaan tenaga kerja
  2. lokasi area penambangan
  3. besarnya volume cadangan
  4. kondisi lingkungan penambangan
  5. kecukupan sumber daya air
Jawaban
Prinsip kerja dari energi yang dihasilkan oleh panas bumi adalah dengan menyuntikkan air ke titik-titik panas di bawah permukaan bumi, kemudian air tersebut akan berubah menjadi uap bertekanan yang mampu menggerakkan turbin pada generator listrik. Jadi, pemanfaatan sumber energi panas bumi sangat erat kaitannya dengan sumber daya air.

Jawaban: E. kecukupan sumber daya air

49. Rendahnya potensi sumber daya energi geotermal di wilayah Pulau Kalimantan karena ….

  1. wilayah yang berupa dataran
  2. teknologi yang sulit dikembangkan
  3. tidak adanya aktivitas vulkanik
  4. sebagian besar tanahnya berupa gambut
  5. adanya hambatan sosial budaya
Jawaban
Energi geotermal atau panas bumi dihasilkan dari aktivitas vulkanisme atau magma dan batuan panas yang berada di bawah kerak bumi. Pulau Kalimantan bukanlah daerah pertemuan lempeng, sehingga tidak ada aktivitas tektonik dan vulkanik. Maka, potensi sumber daya energi geotermal di Kalimantan sangat rendah.

Jawaban: C. tidak adanya aktivitas vulkanik

50. Sumber energi biomassa biasanya dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan energi bagi masyarakat perdesaan karena ….

  1. teknologi belum berkembang
  2. harga minyak tidak stabil
  3. potensi energi relatif terbatas
  4. ketersediaan bahan melimpah
  5. biaya operasional rendah
Jawaban
Sumber energi biomassa diperoleh dari sampah organik yang dapat berasal dari sisa tanaman budidaya, hewan ternak, dan bahan organik lainnya. Di desa dengan kegiatan pertanian, masyarakat memiliki sangat banyak bahan untuk dijadikan sumber energi biomassa.

Jawaban: D. ketersediaan bahan melimpah

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Topik: Lingkungan Hidup

51. Proses penambangan batu bara di Indonesia menghadapi kendala kerusakan lingkungan yang berupa ….

  1. kehancuran habitat
  2. pencemaran udara
  3. kerusakan air tanah
  4. penurunan kualitas tanah
  5. hilangnya penutup lahan
Jawaban
Penambangan batu bara di Indonesia umumnya dilakukan secara terbuka, artinya menggali permukaan tanah sehingga terbentuk lubang-lubang atau cekungan-cekungan yang besar. Ini membuat lahan kehilangan kesuburan, karena lapisan paling atas dengan kandungan organik dan unsur hara paling tinggi telah hilang karena bekas galian.

Jawaban: E. hilangnya penutup lahan

Topik: Indonesia sebagai Poros Maritim

52. Kekayaan ikan laut di Indonesia banyak hilang dicuri oleh nelayan asing karena ….

  1. wilayah laut sangat terbuka
  2. sebagian besar laut dangkal
  3. wilayah laut sangat luas
  4. garis batas wilayah tidak jelas
  5. wilayah laut yang banyak pulau
Jawaban
Indonesia sering mengalami kerugian akibat illegal fishing yang dilakukan oleh nelayan asing. Penyebab utama masalah ini sering terjadi dan sulit diatasi adalah karena wilayah laut Indonesia sangat luas, sehingga petugas yang menjaga keamanan di laut pun akan kesulitan mengontrolnya.

Jawaban: C. wilayah laut sangat luas

53. Secara geografis penerapan kebijakan tol laut didasarkan pada realitas adanya perbedaan tingkat keterjangkauan antarpulau di Indonesia.

SEBAB

Konektivitas perdagangan antarpulau di Indonesia melalui laut belum terjadi secara optimal.

Jawaban
Pernyataan benar. Pembangunan tol laut menjadi solusi bagi masalah angkutan dan keterjangkauan antarpulau di Indonesia.

Sebab benar. Keterhubungan atau konektivitas perdagangan antarpulau di Indonesia belum optimal, masih banyak hambatan-hambatan yang harus diatasi. Tol laut adalah solusi bagi hambatan tersebut.

Jawaban: A. kedua kalimat benar dan berhubungan sebab akibat.

54. Secara historis, penerapan konsep kemaritiman di Indonesia sudah diawali sejak zaman prakolonialisme.

SEBAB

Orientasi pembangunan pada zaman prakolonialisme berorientasi pada eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam laut.

Jawaban
Pernyataan benar. Penerapan konsep kemaritiman di Indonesia sudah diawali sejak zaman prakolonialisme. Para leluhur masyarakat Indonesia dikenal sebagai pelaut ulung. Salah satu peninggalan yang sangat terkenal adalah kapal pinisi yang menjadi kebanggaan masyarakat Suku Bugis, Sulawesi Selatan yang sudah mengarungi samudera sejak abad ke 14.

Kalimat sebab benar. Orientasi pembangunan pada zaman prakolonialisme berorientasi pada eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam laut, maka dari itu daerah dataran rendah pantai cenderung selalu lebih padat penduduk dibandingkan daerah topografi lainnya.

Jawaban: A. kedua pernyataan benar dan berhubungan sebab akibat

Topik: Mitigasi Bencana

55. Peta risiko bencana setiap wilayah perlu diperbarui secara terus-menerus dengan tujuan untuk ….

  1. mempersiapkan rencana tanggap darurat
  2. menganalisis dampak bencana yang timbul
  3. memperkirakan jumlah kerugian
  4. menganalisis prediksi datangnya bencana
Jawaban
Peta risiko bencana adalah bagian dari upaya mitigasi atau persiapan sebelum menghadapi bencana. Alasan peta risiko bencana setiap wilayah perlu diperbarui secara terus menerus adalah agar masyarakat selalu waspada dan tahu daerah mana saja yang memiliki resiko bencana. Kemudian semua pihak terkait mampu mempersiapkan rencana tanggap darurat, menganalisis besarnya bencana yang akan timbul, dan memperkirakan jumlah kerugian yang akan dialami.

Pernyataan nomor 4 salah karena datangnya bencana, terutama terkait waktunya tidak dapat diprediksi.

Jawaban: B. 1 dan 3

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Topik: Peta

56. Secara geografis, garis lintang pada peta dunia dapat digunakan untuk menunjukkan ….

  1. perubahan cuaca
  2. perbedaan musim
  3. perubahan waktu
  4. perbedaan iklim
Jawaban
Garis lintang adalah garis khayal astronomis berupa garis horizontal yang membagi wilayah di bumi menjadi utara dan selatan. Letak utara dan selatan suatu wilayah berpengaruh terhadap jumlah sinar matahari yang didapatkan, sehingga akan berbeda-beda iklimnya.

Jawaban: D. hanya pernyataan nomor 4 yang benar

57. Secara geografis, garis bujur pada peta dunia dapat digunakan untuk menunjukkan ….

  1. perubahan cuaca
  2. perbedaan musim
  3. perubahan lokasi
  4. perbedaan waktu
Jawaban
Garis bujur adalah garis khayal astronomis berupa garis vertikal yang membagi wilayah menjadi barat dan timur. Barat dan timurnya suatu wilayah akan berpengaruh pada zona waktu.

Perubahan cuaca, perbedaan musim, dan perubahan lokasi tidak dapat digambarkan menggunakan garis bujur ataupun lintang.

Jawaban: D. hanya pernyataan nomor 4 yang benar

58. Pola garis kontur pada peta topografi suatu wilayah dapat menunjukkan fenomena geografis sebagai berikut ….

  1. rapat menunjukkan lereng yang curam
  2. tertutup menunjukkan daerah puncak bukit
  3. renggang menunjukkan daerah landai
  4. terbuka menunjukkan daerah cekungan
Jawaban
Pada peta topografi, garis kontur berfungsi untuk menghubungkan tempat-tempat dengan ketinggian yang sama. Jika jarak antargaris kontur berdekatan atau rapat, maka daerah tersebut merupakan lereng yang curam; sedangkan jarak yang berjauhan atau renggang menunjukkan daerah yang landai.

Pernyataan nomor 2 dan 4 salah karena semua garis kontur adalah garis yang tertutup, tidak menunjukkan puncak bukit ataupun cekungan.

Jawaban: B. 1 dan 3

59. Simbol yang digunakan untuk memetakan anomali suhu permukaan laut dan arus laut adalah ….

  1. garis untuk anomali suhu dan titik untuk arus laut
  2. area untuk anomali suhu dan titik untuk arus laut
  3. garis untuk anomali suhu dan area untuk arus laut
  4. area untuk anomali suhu dan garis untuk arus laut
Jawaban
Anomali suhu permukaan laut terjadi pada suatu area atau luasan, maka dalam penggambarannya pada peta harus menggunakan simbol area. Perhatikan gambar di bawah ini:

anomali suhu
sumber: BMKG

Kemudian arus laut adalah fenomena yang berupa pergerakan secara linier, maka paling tepat jika digambarkan dengan simbol garis. Perhatikan gambar berikut:

arus laut
sumber: Wikipedia

Jawaban: D. hanya pernyataan nomor 4 yang benar

60. Secara kartografis, tujuan penggunaan warna pada pembuatan peta tematik adalah untuk ….

(1) menunjukkan klasifikasi objek
(2) menyajikan jumlah objek
(3) membedakan jenis objek
(4) menunjukkan persebaran objek

Jawaban
Simbol warna pada peta dapat bermanfaat untuk:

  • – menunjukkan pengelompokan atau klasifikasi objek
  • – menginformasikan jumlah objek, misalnya dalam peta kepadatan penduduk wilayah yang padat penduduk dapat diberi warna lebih pekat atau gelap sedangkan wilayah yang jarang penduduk diberi warna cerah
  • – membedakan jenis objek

Akan tetapi warna tidak dapat digunakan untuk menunjukkan persebaran objek. Persebaran objek dapat ditunjukkan dengan simbol titik.

Jawaban: A. 1, 2, dan 3

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

61. Judul peta ditulis dengan menggunakan huruf kapital paling besar dan pada umumnya diletakkan di bagian atas peta dengan tujuan untuk ….

  1. menunjukkan tempat dan luas wilayah
  2. memenuhi kaidah kartografis umum
  3. memperjelas dan memperindah peta
  4. menunjukkan isi dan lokasi wilayah
Jawaban
Dalam aturan atau kaidah kartografi (ilmu peta) judul peta harus selalu ditulis atau diketik menggunakan huruf kapital paling besar pada peta, dan pada umumnya diletakkan di bagian atas peta. Judul adalah informasi pertama dan paling penting dari sebuah peta karena ia menunjukkan apa yang ingin disampaikan oleh peta dan di mana lokasi yang digambarkan pada peta tersebut.

Jawaban: C. 2 dan 4

Topik: Penginderaan Jauh

62. Identifikasi perbedaan bangunan sekolah dan hotel dapat dilakukan melalui interpretasi foto udara dengan menggunakan unsur ….

  1. bentuk dan pola
  2. asosiasi dan rona
  3. ukuran dan bayangan
  4. bayangan dan bentuk
  5. ukuran dan rona
Jawaban
Objek berupa bangunan sekolah dapat dikenali dengan mudah dari bentuknya yang biasanya menyerupai huruf L atau U. Sedangkan bangunan hotel dari atas biasanya akan terlihat berbentuk kotak.

Sebuah bangunan sekolah biasanya berdekatan dengan sekolah lain, maka kita dapat katakan berpola memusat. Sedangkan bangunan hotel biasanya berpola menyebar.

Jawaban: A. bentuk dan pola

63. Rona gelap pada foto udara pankromatik hitam-putih menunjukkan adanya objek air jernih karena ….

  1. energi matahari lebih banyak dipantulkan
  2. energi matahari lebih banyak diserap
  3. energi matahari diserap dan dipantulkan
  4. energi matahari lebih banyak dibiaskan
  5. energi matahari lebih banyak dipancarkan
Jawaban
Rona pada unsur interpretasi citra penginderaan jauh maksudnya adalah tingkat kecerahan suatu objek. Suatu objek akan memiliki rona yang cerah apabila mampu memantulkan cahaya dan energi dengan baik, sebaliknya, jika suatu objek tidak mampu memantulkan cahaya dan energi dengan baik ronanya akan terlihat gelap. Air terlihat gelap karena ia menyerap dan tidak memantulkan cahaya dengan baik.

Jawaban: B. energi matahari lebih banyak diserap

64. Rona gelap pada citra radar atas objek air jernih yang tenang karena energi elektromagnetik dari wahana ….

  1. terhamburkan oleh molekul air
  2. terpantulkan tidak ke arah sensor
  3. terserap oleh objek air jernih
  4. terpantulkan ke arah sensor
  5. terpancarkan ke atmosfer
Jawaban
Rona pada unsur interpretasi citra penginderaan jauh maksudnya adalah tingkat kecerahan suatu objek. Suatu objek akan memiliki rona yang cerah apabila mampu memantulkan cahaya dan energi dengan baik, sebaliknya, jika suatu objek tidak mampu memantulkan cahaya dan energi dengan baik ronanya akan terlihat gelap. Air terlihat gelap karena ia menyerap dan tidak memantulkan cahaya dengan baik.

Jawaban: C. terserap oleh objek air jernih

65. Umur dan kesehatan tanaman padi di sawah dapat diprediksi dari foto udara dengan penggunaan unsur interpretasi ….

  1. bentuk dan rona
  2. ukuran dan tekstur
  3. tekstur dan asosiasi
  4. bayangan dan pola
  5. rona dan tinggi
Jawaban
Perbedaan antara sawah yang baru ditanami padi dengan sawah yang siap panen adalah pada rona atau kecerahan dan tingginya. Sawah yang padinya masih muda (baru ditanam) permukaannya basah karena tergenang air, sehingga ronanya gelap. Sedangkan sawah yang padinya sudah tua (siap panen) akan menjadi kering dan ronanya menjadi cerah.

Jawaban: E. rona dan tinggi

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

66. Dalam interpretasi foto udara diperlukan adanya tahapan uji lapangan dengan tujuan ….

  1. menghitung skala foto udara
  2. mengetahui besarnya ukuran objek
  3. membuktikan kebenaran hasil interpretasi
  4. menentukan kebenaran warna objek
  5. mengukur tinggi rendahnya objek
Jawaban
Uji lapangan dalam kegiatan interpretasi foto udara bertujuan untuk memeriksa dan membuktikan kebenaran hasil telaah interpretasi citra. Kegiatan ini diperlukan agar data yang diperoleh melalui interpretasi diperiksa kebenarannya di lapangan, sehingga menghasilkan data yang akurat.

Jawaban: C. membuktikan kebenaran hasil interpretasi

67. Tujuan penggunaan sumber energi buatan dalam penginderaan jauh seperti citra radar adalah supaya ….

  1. penggunaan energi matahari dapat dikurangi
  2. perekaman dapat dilakukan malam hari
  3. kualitas hasil perekaman semakin meningkat
  4. resolusi spektral dapat lebih ditingkatkan
  5. resolusi spasial dapat lebih diperbesar
Jawaban
Salah satu keunggulan penggunaan sumber energi buatan dibanding alami (matahari) adalah ia mampu dimanfaatkan kapanpun, termasuk di malam hari, ketika dibutuhkan untuk pengamatan objek penginderaan jauh.

Jawaban: B. perekaman dapat dilakukan malam hari

68. Keakuratan hasil interpretasi foto udara sangat terbantu dengan metode citra ganda (multitemporal, multitingkat, multiband) karena ….

  1. informasinya lebih detail
  2. ada bandingan informasi
  3. informasinya lebih banyak
  4. ada bandingan tampilan
  5. cakupannya lebih luas
Jawaban
Citra ganda (multitemporal, multitingkat, multiband) maksudnya adalah citra yang dibuat dari penggunaan beberapa saluran gelombang elektromagnetik dan direkam dari waktu ke waktu sehingga menghasilkan berbagai alternatif informasi yang dapat dibandingkan dan akhirnya diperoleh hasil interpretasi yang lebih akurat.

Jawaban: D. ada bandingan tampilan

Topik: Wilayah

69. Faktor utama yang menyebabkan interaksi berimbang antara wilayah kota dan desa di kawasan pinggiran kota adalah ….

  1. lokasi strategis
  2. pertumbuhan industri
  3. kekuatan ekonomi
  4. jarak fisik dan sosial
  5. tingkat pendidikan
Jawaban
Tinggi atau rendahnya kekuatan interaksi ditentukan oleh dua faktor, yaitu: jumlah penduduk dua wilayah dan jarak kedua wilayah. Interaksi akan semakin kuat apabila jumlah penduduk semakin banyak dan jarak dua wilayah semakin dekat.

Jawaban: D. jarak fisik dan sosial

70. Dampak negatif yang timbul sebagai akibat meningkatnya jumlah urbanit di kota besar adalah ….

  1. jumlah tenaga terampil berkurang
  2. sektor informal berkembang pesat
  3. kesejahteraan penduduk menurun
  4. permukiman kumuh bertambah banyak
Jawaban
Meningkatnya pelaku urbanisasi atau urbanit yang pindah dari desa menuju kota akan menghasilkan beberapa dampak negatif, di antaranya:

  • – kepadatan penduduk semakin tinggi
  • – semakin sulit mencari lahan untuk tempat tinggal atau kegiatan lainnya
  • – persaingan mendapatkan pekerjaan semakin ketat
  • – permukiman kumuh bertambah banyak

Dari semua pernyataan yang terdapat pada soal, hanya nomor 4 yang benar. Nomor 1 salah, karena datangnya para urbanit ke kota tidak mengurangi jumlah tenaga terampil; nomor 2 salah, karena sektor informal yang berkembang pesat bukanlah dampak negatif; dan nomor 3 juga salah, karena datangnya urbanit ke kota tidak menyebabkan kesejahteraan penduduk menurun.

Jawaban: D. 4 saja

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

71. Penduduk yang bertempat tinggal di wilayah perdesaan sekitar kota umumnya berprofesi sebagai pekerja komuter karena ….

  1. terjangkaunya jarak tempuh
  2. kemajuan pembangunan kota
  3. kemiskinan penduduk desa
  4. perbedaan tingkat pendidikan
  5. murahnya biaya hidup di desa
Jawaban
Pekerja komuter adalah orang-orang yang tinggal di suburban (pinggir kota), tetapi bekerja di urban (kota) dan melakukan perjalanan pergi-pulang setiap hari tanpa menginap. Alasan mereka melakukan itu adalah karena umumnya upah di kota lebih tinggi dan juga jarak dari tempat tinggal mereka ke kota tidak terlalu jauh.

Jawaban: A. terjangkaunya jarak tempuh

72. Pembentukan pusat-pusat pertumbuhan wilayah di Indonesia memiliki tujuan utama ….

  1. meningkatkan pelayanan pada masyarakat
  2. mempercepat perkembangan daerah tertinggal
  3. meningkatkan laju pertumbuhan industri
  4. mengoptimalkan pemasaran hasil bumi
  5. meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata
Jawaban
Pusat pertumbuhan adalah wilayah yang lebih maju, terutama dari sisi ekonomi yang diharapkan mampu menstimulus wilayah lain agar ikut berkembang dan maju.

Jawaban: B. mempercepat perkembangan daerah tertinggal

73. Karakteristik cara hidup masyarakat yang terisolasi secara geografis adalah ….

  1. interaksi sosial yang rendah
  2. identitas budaya yang khas
  3. pemanfaatan teknologi tepat guna
  4. kemampuan beradaptasi dengan alam
Jawaban
Masyarakat yang terisolasi secara geografis maksudnya adalah sekelompok orang yang tinggal pada daerah terpencil dan sulit berinteraksi dengan wilayah lain karena hambatan yang terbentuk secara alami. Karakteristik cara hidup mereka adalah interaksi sosial yang rendah, memiliki ciri identitas budaya yang khas dan unik, pemanfaatan teknologi tepat guna (penggunaan alat-alat bantu yang khusus berkaitan dengan aktivitas mereka), serta kemampuan beradaptasi dengan alam yang baik.

Jawaban: E. semua benar

74. Dampak positif akibat pembangunan jalan tol di berbagai tempat di Indonesia adalah peningkatan ….

  1. akulturasi budaya
  2. pendidikan masyarakat
  3. pemerataan pendapatan
  4. pertumbuhan wilayah
  5. pemerataan kesejahteraan
Jawaban
Pembangunan jalan tol merupakan salah satu wujud dari upaya peningkatan taraf hidup masyarakat serta wilayahnya. Dengan mudahnya transportasi maka interaksi antarwilayah pun akan meningkat. Maka pilihan jawaban yang paling tepat adalah pertumbuhan wilayah. Pembangunan jalan tol akan memudahkan kota yang menjadi pusat pertumbuhan menstimulus wilayah lain untuk ikut berkembang dan maju.

Jawaban: D. pertumbuhan wilayah

75. Kemiskinan struktural di perdesaan umumnya terjadi pada wilayah yang mempunyai karakteristik ….

  1. rendahnya tingkat pendapatan penduduk
  2. terbatasnya potensi sumber daya alam
  3. rendahnya penguasaan teknologi tepat guna
  4. terbatasnya akses pemanfaatan sumber daya
  5. rendahnya tingkat pendidikan masyarakat
Jawaban
Kemiskinan struktural dapat diartikan sebagai kemiskinan yang disebabkan sebagian kelompok masyarakat tidak mampu mengakses alat pemenuh kebutuhan yang menopang kehidupan dan hal ini berlangsung secara turun temurun. Masalah kemiskinan struktural di perdesaan umumnya disebabkan oleh masih rendahnya kesadaran akan pentingnya tingkat pendidikan. Oleh sebab itu, masyarakat perdesaan sulit mengalami mobilitas sosial.

Berikut analisis dari setiap pilihan jawaban:

  • A salah, karena yang dicari di sini adalah penyebab kemiskinan struktural. Rendahnya tingkat pendapatan penduduk adalah pengertian atau definisi lain dari kemiskinan.
  • B salah, karena perdesaan justru biasanya memiliki potensi sumber daya alam yang lebih tinggi daripada perkotaan.
  • C salah, karena rendahnya penguasaan teknologi tepat guna tidak secara langsung menjadi penyebab kemiskinan.
  • D kurang tepat, karena terbatasnya akses pemanfaatan sumber daya bukan penyebab kemiskinan struktural di perdesaaan.

Jawaban: E. rendahnya tingkat pendidikan masyarakat

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

Topik: Negara Maju dan Berkembang

76. Faktor yang memicu awal perkembangan negara-negara Eropa Barat untuk menjadi negara maju adalah ….

  1. rendahnya ancaman bencana alam
  2. tingginya potensi sumber daya alam
  3. banyak terdapat wilayah dataran
  4. seringnya mengalami ancaman cuaca
  5. keseragaman ras penduduk
Jawaban
Salah satu faktor yang menyebabkan negara-negara di Eropa banyak menjadi negara maju ternyata adalah faktor fisik atau keadaan alam. Faktor fisik yang berperan di sini adalah iklim. Tipe iklim di Eropa dan negara-negara maju lainnya umumnya adalah iklim sedang yang memiliki empat musim.

Iklim dengan empat musim adalah iklim yang kurang nyaman, karena mengalami kondisi cuaca yang lebih ekstrem dibandingkan dengan iklim tropis yang suhu dan cuacanya lebih stabil. Ketika musim panas, daerah iklim sedang akan mengalami suhu yang sangat tinggi dan ketika musim dingin suhu sangat rendah serta turun salju yang menyulitkan manusia untuk beraktivitas.

Keadaan yang kurang nyaman ini membuat orang-orang di negara-negara empat musim harus kerja lebih giat sebelum memasuki musim-musim yang ekstrem tersebut. Hal ini membuat mereka memiliki etos kerja yang lebih tinggi, kemudian membuat negaranya memiliki sumber daya manusia yang unggul, dan akhirnya membuat mereka menjadi negara maju.

Jawaban: D. seringnya mengalami ancaman cuaca

77. Salah satu usaha yang perlu ditingkatkan oleh Pemerintah Indonesia agar dapat memenuhi kriteria sebagai negara maju adalah ….

  1. pemanfaatan sumber daya alam
  2. perluasan industri pertanian
  3. perluasan lapangan kerja
  4. intensifikasi sektor perdagangan
  5. pengembangan sektor jasa
Jawaban
Negara maju merupakan negara dengan kualitas sumber daya manusia yang tinggi. Indikator kualitas sumber daya manusia antara lain berkaitan dengan tiga hal, yaitu: pendidikan, kesehatan, dan pendapatan.

Dari semua pilihan jawaban yang tersedia, yang menjadi usaha paling konkret yang perlu ditingkatkan agar dapat memenuhi kriteria sebagai negara maju adalah perluasan lapangan kerja. Intensifikasi sektor perdagangan dan pengembangan sektor jasa dapat meningkatkan pendapatan, namun tidak mengurangi jumlah pengangguran. Perluasan lapangan kerja dapat menyelesaikan masalah tersebut lebih tuntas, mengurangi jumlah pengangguran, sehingga pendapatan masyarakat pun meningkat.

Jawaban: C. perluasan lapangan kerja

78. Salah satu faktor yang dapat mendorong Indonesia berkembang menuju negara maju adalah ….

  1. peningkatan mobilitas antar wilayah
  2. pemerataan persebaran penduduk
  3. peningkatan penggunaan teknologi tinggi
  4. penurunan tingkat pertumbuhan penduduk
  5. peningkatan daya beli masyarakat
Jawaban
Faktor mendasar yang menentukan suatu negara tergolong negara maju atau bukan adalah dari kualitas sumber daya manusianya. Indikator kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dalam tiga indikator, yaitu:

  1. pendidikan
  2. kesehatan
  3. pendapatan

Dari lima pilihan jawaban yang tersedia, yang paling tepat adalah peningkatan daya beli masyarakat, karena hal tersebut berkaitan dengan pendapatan. Pendapatan berbanding lurus dengan daya beli masyarakat, semakin tinggi pendapatan, maka semakin tinggi pula daya beli masyarakatnya.

Jawaban: E. peningkatan daya beli masyarakat

79. Terbentuknya kerja sama antarnegara di wilayah ASEAN lebih dilandasi oleh aspek kewilayahan daripada aspek politik.

SEBAB

Organisasi ASEAN didirikan dengan tujuan membangun kerja sama antarnegara dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, dan pertahanan keamanan.

Jawaban
Pernyataan benar. Kerjasama antarnegara di wilayah ASEAN lebih dilandasi oleh aspek kewilayahan, artinya latar belakang utama terbentuknya hubungan tersebut adalah karena bartetangga atau memiliki kesamaan lokasi di Asia Tenggara. Dalam bidang politik beberapa negara anggota ASEAN justru hubungannya tidak terlalu harmonis, seperti hubungan Indonesia dengan Malaysia.

Kalimat sebab salah. ASEAN didirikan dengan tujuan membangun kerjasama antarnegara dalam bidang sosial, ekonomi, dan budaya, tetapi tidak dalam hal pertahanan dan keamanan.

Jawaban: C. pernyataan benar, tetapi sebab salah

80. Dampak positif relokasi industri negara maju ke negara berkembang bagi negara maju adalah ….

  1. penurunan volume impor
  2. pencegahan monopoli barang
  3. penambahan devisa negara
  4. peningkatan arus urbanisasi
  5. perluasan kesempatan kerja
Jawaban
Relokasi industri adalah kegiatan pemindahan lokasi industri dari negara maju ke negara berkembang. Kegiatan ini memiliki dampak yang berbeda bagi negara asal (negara maju) dan negara tujuan (negara berkembang).

Dampak positif relokasi industri bagi negara maju antara lain:

  • – perluasan usaha dan wilayah pemasaran
  • – menambah devisa negara
  • – berkurangnya polusi karena pabrik yang dipindahkan

Jawaban: C. penambahan devisa negara

Pembahasan SBMPTN Geografi 2018

81. Karakteristik jenis pekerjaan penduduk yang membedakan negara maju dengan negara berkembang adalah dominasi sektor ….

  1. perdagangan
  2. transportasi
  3. industri
  4. pertambangan
  5. jasa
Jawaban
Dari komposisi jenis pekerjaan, negara maju berbeda dengan negara berkembang. Sektor perekonomian yang lebih dominan di negara maju adalah industri, sedangkan di negara berkembang adalah pertanian.

Jawaban: C. industri

82. Aspek perkembangan teknologi yang dipakai dalam pengelompokan suatu negara ke dalam negara maju adalah ….

  1. pemakaian teknologi bidang pertahanan
  2. pengembangan teknologi bidang kedirgantaraan
  3. pemanfaatan teknologi informasi secara luas
  4. pengembangan teknologi transportasi massal
  5. penerapan teknologi agro industri modern
Jawaban
Berikut analisis dari setiap pilihan jawaban yang terdapat pada soal:

  • A salah, karena teknologi bidang pertahanan tidak menjadi indikator suatu negara maju atau berkembang. Contohnya: Rusia memiliki teknologi militer dan pertahanan yang cukup baik, tetapi masih tergolong negara berkembang; sedangkan Singapura tidak memiliki teknologi pertahanan yang baik tetapi masuk dalam kategori negara maju.
  • B salah, karena teknologi bidang kedirgantaraan juga tidak menjadi indikator suatu negara termasuk negara maju atau bukan. Rusia bisa menjadi contoh juga dalam poin ini, negara tersebut terkenal memiliki teknologi kedirgantaraan yang baik, terbukti dari pesawat terbang buatan mereka yang banyak digunakan oleh negara-negara di dunia.
  • C salah, sekedar pemanfaatan teknologi tidak membuat suatu negara menjadi negara maju. Pemanfaat berarti pengguna, berbeda dengan penguasaan teknologi atau pembuat. Suatu negara dapat tergolong negara maju apabila tingkat penguasaan teknologinya tinggi dan mampu membuat produk-produk dengan teknologi tinggi.
  • D salah, teknologi transportasi massal tidak hanya dimiliki oleh negara maju, tetapi juga negara berkembang. Buktinya Tiongkok yang mampu memproduksi kereta cepat dan Kolombia yang memiliki bus TransMilenio yang ditiru oleh Transjakarta milik Indonesia, negara-negara tersebut masih tergolong negara berkembang.
  • E benar. Salah satu indikator negara maju adalah melakukan kegiatan ekonomi di sektor industri.

Jawaban: E. penerapan teknologi agro industri modern

Iklan Buku Susu Macan